Mahasiswa FKM Unhas Ajak Siswa Jauhi Perilaku Merokok

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Bertepatan dengan Dies Natalis FKM Unhas ke-37, mahasiwa FKM Unhas program studi S1 Kesehatan masyarkat, departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku melakukan pengabdian masyarakat di pulau kodingareng Sabtu, 19 Oktober 19.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa penyuluhan ke setiap sekolah, penyuluhan terhadap kader Puskesmas, penyuluhan terhadap warga beserta pemeriksaan kesehatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FKM Unhas, WD 3 FKM Unhas dan beberapa dosen FKM Unhas.

Adapun kegiatan penyuluhan di sekolah tepatnya di SMP 38 Kodingareng membahas terkait penyuluhan narkoba dan rokok yang dibawakan oleh mahasiswa S3 berjumlah tiga orang, penyuluhan terkait edukasi Gizi yang dibawakan oleh salah satu dosen FKM Unhas yaitu Prof Sarifuddin.

Selain itu terdapat pula kampanye bahaya rokok dengan tema, “Keren Tanpa Rokok: Menggugah Kesadaran Siswa SMP Tentang Bahaya Rokok”.

Kegiatan kampanye ini di bawakan oleh tiga mahasiswa PKIP FKM Unhas yaitu, Hilery Upa Pongsapan, Hasma, dan Nurul Asma.

Kegiatan kampanye ini diikuti sebanyak 31 siswa kelas 7 SMP 38 Kodingareng.

Baca Juga :   Flash Mob Warnai Penerimaan Mahasiswa Baru Unhas 2019

“Kampanye ini memperlihatkan bagaimana efek rokok terhadap paru-paru dengan alat peraga botol sebagai perumpamaan perokok dan kapas sebagai perumpamaan paru-paru,” jelas Hilery.

“Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan penyuluhan ini. Mereka berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa dapat mengetahui efek dari bahaya rokok sehingga kedepannya dapat terhindar dari bahaya rokok,” tambahnya.

Kegiatan penyuluhan ini didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi dengan pemberian berupa cindera mata. (FP/Rls)