Mahasiswa FKM Unhas Edukasi Murid SD Kodingareng Cuci Tangan Pakai Sabun

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Segenap sivitas akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menyelenggarakan pengabdian masyarakat di Pulau Kodingareng, Kecamatan Ujung Tana, Kota Makassar.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka dies natalis FKM Unhas ke-37 yang diadakan pada tanggal 19 Oktober 2019.

Adapun salah satu rangkaian kegiatan dies natalis yang dilakukan mahasiswa S1 jurusan kesehatan masyarakat adalah pemberian edukasi PHBS cuci tangan pakai sabun dan gosok gigi pada murid SD Kodingareng.

Pada kegiatan ini diberikan edukasi tentang pentingnya menggosok gigi dan cuci tangan pakai sabun. Namun sebelumnya dilakukan pretest yg berjumlah 10 nomor untuk mengetahui sampai dimana pengetahuan murid SD kelas 4 Kodingareng sebelum diberi edukasi.

Setelah pretest dilakukan, para murid diberi edukasi dan dilanjutkan praktek gosok gigi yang dibawakan oleh dr Luci.

Setelah itu, dilanjutkan edukasi cuci tangan pakai sabun dan praktek cuci tangan oleh mahasiswa S1 jurusan kesehatan masyarakat.

Sesi selanjutnya adalah pemberian posttest kepada murid SD kelas 4 untuk mengetahui sampai dimana pengetahuannya setelah diberi edukasi.

Baca Juga :   Reborn TanGAN Perkusi Makassar: Milad Terkam FSD UNM “Maha Karya Mata Air Kehidupan”

Di akhir acara diberi hadiah dengan memberi pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan.

Antusias yang sangat terlihat dri murid SD Kodingareng dari awal kegiatan hingga berakhirnya. Diharapkan pengabdian masyarakat yang dilakukan kali ini bisa benar-benar membawa dampak positif bagi Pulau Kodingareng Lompo, khususnya mengenai edukasi tentang PHBS pada anak SD. (FP/Rls)