Mahasiswa FKM Unhas Ikut Magang Perkuat Skill Pengendalian Resiko Lingkungan

Foto bersama mahasiswa magang dengan pegawai kantor kesehatan pelabuhan kelas 1 Makassar. [Foto: /Ist]
Foto bersama mahasiswa magang dengan pegawai kantor kesehatan pelabuhan kelas 1 Makassar. [Foto: /Ist]

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Mahasiswa Kesehatan Lingkungan (FKM) Unhas magang di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar sejak tanggal 3 September 2018 sampai 5 November 2018. Kegiatan magang ini ditutup dengan seminar hasil magang di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar. Kamis, 8 November 2018.

Seminar hasil magang yang dilakukan untuk memaparkan hasil kegiatan magang yang telah mahasiswa  lakukan dan juga sebagai momentum untuk saling berdiskusi dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

Kegiatan seminar ini, selain dihadiri mahasiswa yang magang, juga dihadiri oleh  Kepala Bagian, Kepala Bidang, kepala seksi, staf pegawai KKP, serta dihadiri juga supervisor dari kampus.

Dalam sambutannya, Muh Fajaruddin Natsir, SKM.,M.Kes, supervisor sekaligus dosen FKM Unhas, menjelaskan bahwa kegiatan magang  ini merupakan mata kuliah wajib dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat menambah pengalaman di dunia kerja dan sekaligus dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan.

“Tujuan dari magang ini kita berharap agar mahasiswa dapat merasakan langsung bekerja pada suatu intitusi, mendapatkan pengalaman kerja, dan juga mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan dibangku perkuliahan,” jelas Fajar.

Baca Juga :   Resmi dibuka, ICP 2019 Libatkan Peserta dari 20 Negara

“Pengalaman magang di tempat ini, sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena bisa menambah skill mereka mengenai pengendalian resiko lingkungan, yang merupakan sklill yang penting untuk dimiliki sarjana kesehatan lingkungan,” tambahnya.

Dalam seminar magang ini, mahasiswa memaparkan kegiatan yang telah mereka lakukan selama magang berupa kegiatan pokok dalam hal hygiene, sanitasi dan pengendalian vektor binatang penular penyakit yang meliputi pengambilan dan pemeriksaan sampel makanan, pengambilan dan pemeriksaan air, pemeriksaan sanitasi kapal, trapping, identifikasi pinjal, pemasangan racun tikus, survey jentik Anopheles dan Aedes aegypti, inspeksi TPM, inspeksi visual kecaok dan pemantauan kepadataan lalat.

Selain itu juga, kegiatan mahasiswa magang ini juga turut berpartisipasi membantu korban bencana dari Palu, Sulteng  yaitu melalui pemeriksaan sampel makanan untuk korban bencana alam dan pencatatan data pengungsi di Landasan Udara Posko Galaktika.

Pihak KKP sendiri sebagai institusi tempat magang sangat mengapresiasi mahasiswa magang, dan berharap ini bisa berkesinambungan.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Unhas yang memilih KKP menjadi salah satu tempat magang mahasiswa karena kehadiran mahasiswa bisa membuat warna baru di KKP, dan kami berharap ini berkesinambungan,” Kata Nirwan SKM., M.Kes, Kepala Bagian Tata Usaha KKP Makassar.

Baca Juga :   Unhas Hadirkan Imam Masjid New York Syamsi Ali di Masjid Kampus

“Kehadiran mahasiswa magang bukan beban institusi, tetapi bisa memperluas cakupan kerja institusi, dan membantu kerja-kerja staf dan pegawai,” tutup Nirwan. (FP)