Merasa Bahwa Kamu Cerdas? Coba Cek Apakah Kamu Memiliki 5 Tanda Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Intelejensi itu bukan cuma pintar, bukan juga sekadar bisa memecahkan soal matematika dalam hitungan detik. Berintelejensi tinggi berarti kombinasi dari memiliki imajinasi tinggi, kepribadian yang rendah hati sehingga selalu mengakui bahwa ada banyak hal untuk dipelajari, dan tentunya kemampuan praktis dan logis untuk memecahkan masalah sehari-hari.

Nah, jadi sudah tahu kan bedanya pintar dan cerdas? Pintar itu mungkin cuma sebatas akademik, tapi cerdas itu berarti berintelejensi tinggi. Menurut sains, ini 5 tanda kalau kamu memiliki intelejensi tinggi.

1. Kamu Terkadang Tidak Bisa Rapi

Apakah teman-temanmu sering mengeluh karena meja kerja atau kamar kosmu selalu berantakan? Terlepas dari itu, ide-idemu selalu terorganisir dan tepat sasaran. Jika ya, berarti kamu adalah orang yang cerdas. Mengapa? Karena orang yang berantakan itu biasanya bekerja dengan dominan otak kanan, yang berarti ia sangat kreatif dan inovatif; bisa berpikir di luar kotak (think out of the box) dan memecahkan masalah dengan solusi yang tak terduga. 

2. Kamu Pernah Ikut Les Musik

Baca Juga :   Jangan Dibuang, Ini Manfaat Minum Air Beras

Musik adalah matematika yang sebenarnya. Nada, skala, perhitungan waktu — itu semua berhubungan dengan angka dan harus dihasilkan dalam harmoni yang sempurna untuk bisa menciptakan irama yang pas. Inilah mengapa para ahli mengatakan bahwa musisi itu memiliki otak yang bekerja dengan cara berbeda dengan orang yang awam soal musik. Kemampuan memainkan alat musik dan memainkannya secara rutin itu bisa meningkatkan kemampuan kognotif, yang berarti pikiran akan terasah tajam. 

3. Kamu Sering Kesiangan

Orang yang suka tidur malam dan bangun siang menunjukkan angka kecerdasan yang tinggi. Menurut penelitian, anak-anak yang memiliki IQ rata-rata pergi tidur di bawah jam 12 malam, sedangkan mereka yang cerdas baru tidur di atas jam 12. Dan ini akan berlanjut sampai dewasa. Mengapa? Karena mereka yang cerdas otaknya akan terus bekerja, penuh dengan ide-ide, sehingga mereka kesulitan untuk rileks dan tidur di malam hari. Hasilnya? Bangun kesiangan. 

4. Kamu Melihat Masalah dari Berbagai Sudut Pandang

Orang yang memiliki kecerdasan tinggi, ketika dihadapkan pada satu masalah, tidak akan secara impulsif bertindak. Ia akan menganalisis masalah tersebut dari berbagai sudut pandang. Ketika ia sudah memahami masalahnya secara keseluruhan, baru ia angkat bicara dan menyelesaikan masalah.

Baca Juga :   Keutamaan Puasa Arafah, Puasa Sehari Hapus Dosa Dua Tahun

5. Sering Mengungkapkan Kata Umpatan

Opini yang beredar mengatakan bahwa orang yang menggunakan bahasa kasar adalah orang yang berpendidikan rendah karena masyarakat menganggap orang tersebut minim kosakata. Penelitian baru-baru ini menunjukkan justru orang yang tidak pernah berkata kasar adalah orang yang berpendidikan rendah karena tidak memiliki banyak kosakata.

Beberapa akademisi di Amerika pernah melakukan sebuah penelitian menarik. Mereka meminta beberapa orang untuk mengucapkan banyak jenis kata umpatan yang mereka bisa. Ternyata hasilnya sangat mengejutkan! Mereka yang mampu mengingat kata umpatan paling banyak adalah yang memiliki kecerdasan IQ tinggi. Kemampuan berorasi orang-orang ini juga lebih tinggi dibanding mereka yang hanya mampu sedikit mengumpulkan banyak kata umpatan.

Bagaimanapun juga, kecerdasan seseorang tetap dilihat dari kemampuan seseorang tersebut dalam menggunakan sebuah kata tergantung dari situasi yang sedang dihadapi. Dan mereka juga tahu kapan harus diam dan tidak mengeluarkan kata kasar tersebut.

Kalau kamu juga mempunyai kebiasaan-kebiasaan seperti yang sudah disebutkan, selamat, kamu masuk ke dalam kategori orang cerdas. Jadikan kebiasaan tersebut sebagai cara untuk menunjukkan ide dan kreativitasmu ya! (*)