Penerimaan dan Matrikulasi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana FKM Unhas

Segenap jajaran pimpinan FKM Unhas pada acara penerimaan dan matrikulasi mahasiswa baru program pascasarjana FKM Unhas di Aula Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Senin, 19 Agustus 2019.

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Lebih 100 mahasiswa diterima pada Program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) yang tersebar ditiga program studi yaitu, Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Magister Administrasi Rumah Sakit, dan Program Doktor Kesehatan Masyarakat. Mahasiswa tersebut diterima secara resmi Senin, 19 Agustus 2019 di Aula Pascasarjana Universitas Hasanuddin.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med Ed., dalam sambutannya mengatakan bahwa tantangan mahasiswa program magister dan doktor cukup besar karena mulai tahun ini mahasiswa program magister wajib memiliki artikel publikasi internasional yang terindeks scopus sehingga harus dipersiapkan dengan baik.

“Kepada pengelola, kami berharap agar SK Pembimbingan sudah diterbitkan sejak semester satu sehingga proses interaksi mahasiswa dan pembimbingnya sudah dilakukan sejak awal semester. Sementara bagi mahasiswa S2 wajib memiliki publikasi internasional scopus 2,” terang Aminuddin.

Meskipun demikian, Dekan FKM Unhas menambahkan bahwa mahasiswa tidak perlu khawatir dengan syarat ini karena hampir tidak pernah dijumpai adanya mahasiswa yang tidak selesai hanya karena persoalan scopus. “Artinya scopus bukan masalah,” katanya.

Baca Juga :   UIN Alauddin Kirim 101 Peserta Ikuti Pionir IX di Malang

Mereka yang terpilih sebagai mahasiswa Program Pascasarjana FKM Unhas diseleksi dengan sangat ketat. Sebagai contoh saja peminat mahasiswa Program Doktor sebanyak 64 orang dan yang diterima hanya 31 orang. Lebih dari separoh dinyatakan tidak lulus.

Ketidaklulusan ini disebabkan oleh berbagai faktor misalnya kesiapan proposal dan rencana penelitian, kemampuan bahasa Inggris dan kriteria lainnya.

“Karena itu sangat beruntung kalian diterima di FKM Unhas ini sebagai salah satu Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat terbaik di Indonesia. Di S3 itu yang dibutuhkan bukan hanya kecerdasan mahasiswa tetapi ketekunan. Bisa dengan kemampuan yang sedang saja tetapi anda tekun melakoni Program S3 ini dan itu yang banyak berhasil,” ujar Dekan FKM Unhas.

Selain itu, Dekan FKM Unhas juga menyampaikan bahwa tahun ini, ada proses matrikulasi yang diberikan kepada mahasiswa terutama bagi mahasiswa S3. “Karena mereka itu berasal dari multientri yang harus diberikan pemahaman awal yang sama tentang Program Studi dan Keilmuan Kesehatan Masyarakat,” ungkapnya.

Dengan matrikulasi tersebut, diharapkan seluruh mahasiswa memiliki starting point yang sama.

Baca Juga :   Gelar Bakti Pesisir, FKM Unhas Buat Kegiatan Begini

Acara penerimaan mahasiswa baru tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hasanuddin, Prof Dr Ir Muh Restu, MP.

Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa Fakultas Kesehatan Masyarakat ini sangat spesial karena ada kelas khusus dalam bentuk blended learning atau blocking system bagi mahasiswa Program Magister yang berasal dari Papua.

“Komitmen Unhas terhadap Papua sangat jelas yaitu, mendorong kualitas pendidikan bagi mereka dan ini yang bisa menjadi perekat bangsa Indonesia,” kata Prof Restu.

Prof Restu menambahkan bahwa Unhas menaruh perhatian besar pada program S2 dan S3 ini tidak hanya pada input dan proses tetapi pada output dan outcomenya.

“Karena itu proses pembelajaran harus dijaga, ditata, diperbaiki secara terus menerus sehingga menghasilkan output yang berkualitas. Hasil pengamatan kita hanya sekitar 10 persen mahasiswa yang merancang studinya dengan baik sejak awal lainnya banyak diantara mereka selesai diujung-ujung masa studi sehingga apa yang terjadi sering terjadi tumpukan pelayanan mahasiswa,” ungkapnya.

Foto bersama mahasiswa program S2 dan S3 FKM Unhas bersama segenap jajaran pimpinan FKM Unhas.

“Jika anda bisa merencanakan studi anda dengan baik, maka sebetulnya bagi mahasiswa program magister bisa selesai kurang dari 24 bulan (3 tahun) sementara mahasiswa S3 bisa selesai kurang dari 3 tahun. Karena itu perlu direncanakan dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga :   Melalui PKM, Mahasiswa Unhas Peduli Pendidikan Anak Pulau

Hadir dalam acara prosesi penerimaan mahasiswa tersebut Ansariadi, SKM., MSc PH, PhD (Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi), Dr Atjo Wahyu, SKM., M Kes (Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya), Prof Sukri Palutturi, SKM., M Kes., MSc PH, PhD (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan). Selain itu juga hadir semua Ketua Program Studi yaitu, Program Studi S3 Kesehatan Masyarakat (Prof Dr Ridwan Amiruddin, SKM., M Kes., MSc PH), Ketua Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat (Dr Masni, Apt, MSPH) dan Ketua Program Studi Administrasi Rumah Sakit (Dr Syahrir A Pasinringi). (FP)