Penguatan Kerjasama di Timur Indonesia, FKM Uncen dan FKM Unhas Jalin Kerjasama

Foto bersama usai penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan FKM Unhas dengan FKM Uncen yang berlangsung di Ruang Kandouw FKM Unhas Rabu, 28 November 2018.[Foto:/Ist]
Foto bersama usai penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan FKM Unhas dengan FKM Uncen yang berlangsung di Ruang Kandouw FKM Unhas Rabu, 28 November 2018.[Foto:/Ist]

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) memperkuat kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih (FKM Uncen). Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan FKM Unhas dengan FKM Uncen yang berlangsung di Ruang Kandouw FKM Unhas Rabu, 28 November 2018.

Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM., MKes., M Med Ed., dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada beberapa staf yang dimiliki oleh FKM Uncen yang pernah dan sedang mengikuti pendidikan di FKM Unhas baik program magister maupun program doktor. Salah satu diantaranya adalah Prof Dr AL Rantetampang, MKes., yang sukses mendirikan FKM Uncen merupakan alumni FKM Unhas.

“Kita perlu saling sinergi, perkuat publikasi dan sitasi. Kita akan bentuk di FKM Unhas dapur publikasi dan untuk penelitian bersama. FKM Unhas memiliki Program PJJ dengan UNTAD untuk program magister dan doktor dan tidak menutup kemungkinan kita bisa lakukan bersama dengan Uncen,” terang Aminuddin.

Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan FKM Unhas dengan FKM Uncen yang berlangsung di Ruang Kandouw FKM Unhas Rabu, 28 November 2018.[Foto:/Ist]
Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan FKM Unhas dengan FKM Uncen yang berlangsung di Ruang Kandouw FKM Unhas Rabu, 28 November 2018.[Foto:/Ist]
Lebih lanjut, menurut dekan FKM Unhas ini, pihak Rektor Unhas sangat mengapresiasi penguatan kerjasama di Timur Indonesia.

Baca Juga :   Rektor Unhas: Media Turut Andil Dalam Proses Pendidikan di Luar Kampus

Hadir dalam penandatanganan MoA tadi selain Dekan FKM Uncen, Dr Arius Togodly, SPd., MKes., juga dihadiri oleh staf dosen FKM Uncen, Dr Yakob Ruru, M.Stats dan bahkan disaksikan oleh Rektor Uncen, Dr Ir Apolo Safanpo, ST., MT. Sementara dari pihak Unhas dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, SKM., MKes., MSc PH, PhD; Ketua Program Studi S3, Prof Dr Ridwan Amiruddin, SKM., MKes., MSc PH dan Dekan FKM Unhas periode sebelumnya, Prof Dr drg Andi Zulkifli, MKes.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Uncen memulai sambutannya dengan mengutip sebuah pernyataan presiden New Zealand. Ia mengatakan bahwa New Zealand itu negara kecil pasti kalah dengan Amerika bila berkompetisi. Tetapi bisa belajar dari Amerika. “Kira-kira sama dengan Uncen dan Unhas. Saya harus belajar dari Unhas.  Menurut rektor Sulawesi dan Papua ada banyak kesamaan sehingga sangat layak jika kerjasama ini dilakukan dengan baik,” tutur Apolo.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Dekan FKM Unhas, saat ini Kami sedang dan terus belajar bagaimana memperbaiki akademik. Uncen merupakan lembaga instansi pertama  di Indonesia yang ada di Papua dalam sejarahnya. Rektor Uncen bahkan tertarik untuk mengirim alumni FKM Uncen untuk lanjut program magister di FKM Unhas sehingga bisa dipersiapkan untuk disiapkan menjadi dosen di Uncen,” tambahnya. (FP)

Baca Juga :   Rektor Serahkan 252 SK CPNS UIN Alauddin