Peringati Dies Natalis Ke-37, FKM Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Memperingati Dies Natalis FKM Unhas ke-37, dosen dan mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat ke Pulau Kodingareng yang berlangsung pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019.

Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes, M Med, Ed dan Prof Sukri Palutturi, SKM., M.Kes, M.Sc, PH, Ph.D selaku Dekan dan wakil Dekan bagian Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas turut hadir dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pengabdian tersebut.

Selain itu, sejumlah Profesor, doktoral, staf, mahasiswa S3, S2 dan S1 FKM Unhas juga turut andil pada kegiatan tersebut.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini pula bersinergi dengan Lantamal VI TNI Angkatan Laut dengan dukungan transportasi KAL Patkamla Pulau Langkai dan KAL Samalona.

Keberangkatan tim ke Pulau Kodingareng ditempuh kurang lebih dua jam dari Pelabuhan Lantamal VI, Kota Makassar. Kegiatan dibuka oleh Camat Kepulauan Sangkarrang, Drs H Akbar Yusuf, M Si.

“Saya sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan seluruh dosen serta mahasiswa FKM Unhas yang telah memilih pulau Kodingareng sebagai objek untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat,” ucap Akbar dalam sambutannya.

Baca Juga :   FKM Unhas Perkuat Kerjasama dengan Mahidol University Thailand

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dan nantinya dapat terjalin sinergi yang baik antara Pemda Pulau Sangkarrang dan FKM Unhas.

Ungkapan terima kasih juga diungkapkan oleh Pimpinan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes, M. Med, Ed kepada Pemda setempat atas antuasias dan partisipasi yang besar dari masyarakat menyambut kedatangan tim ke lokasi.

“Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dapat berjalan dengan sangat baik karena antusias yang besar dari masyarakat Pulau Kodingareng serta didukung oleh seluruh jurusan FKM Unhas yang turut ikut melakukan pengabdian sehingga dapat dikatakan bahwa ini adalah bakti sosial terpadu dan terlengkap sepanjang sejarah FKM,” ungkap Dekan FKM Unhas saat kegiatan berlangsung.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh semua jurusan yakni K3, Epidemiologi, Gizi, PKIP, Biostatistik, Kesling, MRS, dan AKK dengan tema kegiatan yang berbeda-beda serta tempat pelaksanaan kegiatan yang berbeda.

Tim K3, PKIP, dan Biostatistik melakukan penyuluhan edukasi ke sekolah dasar Pulau Kodingareng . Sedangkan tim lainnya melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan di kantor lurah dan Puskesmas.

Baca Juga :   Rangkaian Dies Natalis ke-63, Unhas Gelar Pameran Edukasi

“Semoga kegiatan ini dapat membawa berkah dan bermanfaat sebagai salah satu tanggung jawab perguruan tinggi kepada masyarakat untuk mengaktualisasikan diri dari bagian tri darma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat,” jelas Ketua Dies Natalis FKM Unhas Ke-37,  Dr Lalu Muhammad Saleh, SKM., M.Kes.

Disaat yang sama, Dekan FKM Unhas juga berharap kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan, dimana mahasiswa dapat melakukan pengabdian di Pulau Kodingareng, seperti pelaksanaan pengalaman belajar lapangan sehingga dapat tercipta kerja sama yang baik pula antara FKM Unhas dan Pemda Kepulauan Sangkarrang khususnya Pulau Kodingareng.

Kegiatan ditutup pukul 14.00 WITA dengan  mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Pulau Kodingareng dan berpamitan untuk kembali ke Makassar. (FP/Rls)