Persiapan Sambut Maba 2019, Unhas Gelar TOT Balance

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg A Arsunan Arsin, M Kes.

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sebagai rangkaian persiapan penerimaan mahasiswa baru, Unhas melakukan kegiatan Training of Trainer (TOT) bagi Instruktur BALANCE (Basic Learning Skills, Character, and Creativity) 2019. Di Auditorium Baruga Prof Amiruddin, Fakultas Kedokteran Unhas. Senin, 22 Juli 2019.

TOT BALANCE 2019 dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Dr drg A Arsunan Arsin, M Kes.

Dalam sambutannya, ia menjelaskan bahwa kegiatan ini pada dasarnya untuk menyamakan persepsi. Para instruktur ini nanti akan berperan penting dalam pembinaan awal mahasiswa baru. Oleh karena itu, ia berharap kepada para instruktur yang hadir untuk melaporkan setiap kendala.

“Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi kita semua terkait materi BALANCE 2019. Saya berharap nanti bapak ibu langsung laporkan kepada kami jika menghadapi kendala di lapangan. Supaya kendala itu tidak berlarut-larut, kita evaluasi semua,” kata Prof Arsunan.

Wakil Rektor yang merupakan Guru Besar Kesehatan Masyarakat ini juga menyampaikan penghargaan atas kesediaan para instruktur yang hadir dalam TOT ini.

Baca Juga :   Poltekpar Makassar Adakan Buka Puasa Bersama

“Saya bangga dengan ibu bapak dosen yang ikut kegiatan ini, karena bapak ibu masih mau memikirkan orang lain, padahal di luar sana masih banyak yang memikirkan diri sendiri,” jelas Prof Arsunan.

Salah satu Materi TOT BALANCE 2019 yang dijelaskan dalam kegiatan tersebut adalah materi “Saya dan Unhas” yang dijelaskan oleh Dr Ir Syarifuddin Mabe Parenreng, ST., MT., CSRS. Tujuan dari materi ini adalah mahasiswa mengenal dirinya secara utuh dan mengenal unhas secara umum.

Selain itu, juga ada materi “Karakter Unhas” yang disampaikan oleh Dian Utami, SH., MH. Tujuan materi ini untuk memahami katakter yang diharapkan dan perlu dikembangkan oleh mahasiswa sebagai sivitas akademika Unhas.

Beberapa materi lainnya seperti Kesadaran dan Kepercayaan Diri, Keterampilan Belajar, Berpikir Reflektif, dan Berpikir Kreatif.

BALANCE 2019 dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 14-16 Agustus, 24-31 Agustus, dan 7, 14, 21, 28 September 2019. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah In class Lecture, Class Mentoring, dan kerja Mandiri.

Baca Juga :   Melalui PKM, Mahasiswa Unhas Peduli Pendidikan Anak Pulau

Kegiatan TOT BALANCE 2019 ini dihadiri lebih dari 80 peserta. (FP/*)