Pimpinan Unicef Melakukan Monev Atas Program Kerjasama UIN – Unicef

Foto bersama usai kegiatan monev.[Foto:/Ist.]
Foto bersama usai kegiatan monev.[Foto:/Ist.]

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Pimpinan Unicef dalam hal ini, Amanda dan Tim mengunjungi UIN Alauddin Makassar, Kamis, 28 Februari 2019. Kedatangan mereka disambut baik oleh Wakil Rektor III, Prof  Aisyah Kara, Ph D yang juga merupakan penasehat dalam hubungan kerjasama ini di Ruang Rapat Kerja Lantai III Gedung Rektorat kampus II UIN Alauddin Makassar.

Amelia Tristiana Amiruddin yang dipercayakan untuk memberikan informasi terkait tujuan kedatangan Amanda bersama timnya menjelaskan, kedatangan mereka untuk melakukan monitoring dan evaluasi tentang progres program kerjasama yang telah dijalin selama satu setengah tahun ini.

“Mereka meminta keterangan mengenai capaian pelaksanaan dan capaian target serta rencana tindak lanjut atas lima program kerjasama yakni: Adanya mata kuliah baru tentang perlindungan dan kesejahteraan sosial anak, PSGA sebagai center of excellent, diskusi serial dalam rangka pengembangan kapasitas dosen Kessos dan Tim PSGA, telaah narasi teks tentang khitan perempuan atau female genital mutilation dan cutting(FGMC) dan penelitian pengasuhan anak di LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak),” papar Amelia Tristiana.

Baca Juga :   Mahasiswa P2K FKIP Unismuh Makassar Gelar Kerja Bakti

Monev kali ini juga bertujuan untuk mengevaluasi dan menelaah perpanjangan kerjasama. “Jadi kami bertiga satu tim datang untuk mengevaluasi dan memantau sejauh mana hasil atau progres dari pelaksanaan kegiatan program kerjasama di UIN Alauddin Makassar. Serta apa hambatan dan kendala yang dihadapi selama pelaksanaan tersebut,” tambahnya.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III UIN Alauddin Makassar, yang dalam sambutannya memberi apresiasi yang tinggi kepada Unicef karena telah memberi kepercayaan kepada UIN Alauddin Makassar untuk melaksanakan kegiatan kerjasama terkait  permasalahan Anak.

Ia sangat mengharapkan keberlanjutan dari  kerjasama ini antara PSGA UIN Alauddin Makassar dan Unicef sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Dalam monev itu juga, PJOK Unicef, Dr Rosmini Amin, M Ag  memaparkan pencapaian hasil dan uraian singkat pelaksanaan program dalam kurun waktu 2017-2019. Selain itu, tim peneliti mempresentasikan hasil penelitian pengasuhan anak di LKSA  secara kuantitatif dan kualitatif oleh Nursalam,  S Pd., M Si dan Dr Hj Nursyam sudduha, M Pd.

Monev itu juga dihadiri oleh ketua LP2M, Kepala PSGA, para peneliti pengasuhan anak di LKSA, Sekretaris Prodi Kessos Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta panitia pelaksana.

Baca Juga :   Asesor AUN QA dari Empat Negara Melakukan Visitasi ke Unhas

Kegiatan monev ini diharapkan dapat menjadi jembatan berlanjutnya hubungan kerjasama Unicef dan UIN Alauddin Makassar, lebih spesifik lagi oleh PSGA LP2M UIN Alauddin Makassar dengan sejumlah program baru ataupun lanjutan atas program yang telah selesai dilaksanakan, terpublikasinya penelitian baik penelitian pengasuhan anak, pernikahan usia anak maupun narasi teks atas khitan perempuan/FGMC pada jurnal akademik internasional terindeks Scopus, dihasilkannya mata kuliah baru ataupun integrasi kedalam mata kuliah yang telah ada pada fakultas Dakwah dan Komunikasi tentang perlindungan dan kesejahteraan sosial anak khususnya prodi Kesejahteraan Sosial(Kessos), serta dihasilkannya SOP-SOP dalam mendukung tercapainya PSGA sebagai pusat kajian perlindungan anak berbasis Islam.

Kegiatan monev ini ditutup oleh ketua LP2M selaku penanggung jawab atas seluruh kegiatan didalam lingkup LP2M. (*)