PNUP Raih Tiga Penghargaan Anugerah Humas PTN dan LLDikti

Direktur PNUP, Ir Muhammad Anshar, MSi. Ph.D., menerima tiga penghargaan di ajang Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018 yang diselenggarakan pada acara rapat kerja nasional Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Universitas Diponegoro Semarang, pada Kamis, 3 Januari 2019.[Foto:/Ist]
Direktur PNUP, Ir Muhammad Anshar, MSi. Ph.D., menerima tiga penghargaan di ajang Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018 yang diselenggarakan pada acara rapat kerja nasional Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Universitas Diponegoro Semarang, pada Kamis, 3 Januari 2019.[Foto:/Ist]

Semarang, FajarPendidikan.co.id – Mengawali tahun 2019, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)  menorehkan prestasi dengan memenangkan tiga penghargaan di ajang Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018 yang diselenggarakan pada acara rapat kerja nasional Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Universitas Diponegoro Semarang, pada Kamis, 3 Januari 2019.

Tiga penghargaan tersebut yakni, terbaik pertama untuk kategori hubungan media, harapan satu untuk pelayanan informasi melalui website, dan harapan dua untuk media sosial. Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018 bertujuan sebagai ajang apresiasi atas kinerja humas PTN dan LLDikti selama tahun 2018 yang telah berperan sebagai garda terdepan pengelolaan dan publikasi informasi Kemenristekdikti.

Penghargaan diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Menristekdikti, Prof Ainun Naim usai acara jamuan makan malam rapat kerja nasional Kemenristekdikti 2018 di Gedung Prof Soedarto Universitas Diponegoro Semarang.

Diungkapkan oleh Direktur PNUP, Ir Muhammad Anshar, MSi. Ph.D., dirinya merasa bangga tahun ini PNUP kembali meraih prestasi di ajang Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018  yang tahun ini menjadi tahun kedua sejak dilaksanakan tahun lalu. Menurutnya, ajang ini secara tidak langsung menuntut para humas PTN dan LLDikti untuk senantiasa aktif menyebarkan informasi dan berbagai kebijakan pendidikan yang diperlukan masyarakat luas.

Sementara itu menurut Kepala Humas PNUP, Azisah Azis, prestasi yang diraih ini tidak lepas dari dukungan Direktur dan segenap sivitas akademika PNUP lainnya termasuk peran media cetak dan media daring. Dengan adanya penilaian kinerja para humas PTN dan LLDikti melalui ajang seperti ini tentunya akan memacu peningkatan kualitas layanan yang bersinergi dalam mewujudkan layanan informasi publik yang terbuka seperti harapan masyarakat pengguna informasi publik.

Penjurian pada Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018 telah dilakukan sejak pertengahan tahun lalu oleh dewan juri yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti. Dewan juri yang ditunjuk merupakan para profesional dalam bidang komunikasi dan kehumasan yang berlatar belakang sebagai pakar maupun praktisi yang bekerja secara independen. Tahun ini kategori anugerah humas PTN dan LLDIkti dibagi menjadi tiga kategori penilaian, yaitu kategori pelayanan informasi melalui internet (website), media sosial, dan hubungan media.

Pada proses penjurian, peserta dikelompokkan menjadi lima kelompok yaitu PTN Badan Hukum, PTN Badan Layanan Umum dan Satker, PTN baru, Polteknik negeri, dan LLDikti. Kriteria penilaian Anugerah Humas PTN dan LLDikti 2018 secara umum dititikberatkan pada bagaimana strategi komunikasi kehumasan yang terpadu antara website, media sosial, dan hubungan media. Ketiganya harus terpadu dalam penyebarluasan program dan kebijakan Kemeneristekdikti kepada para pemangku kepentingan.(*)