Prodi Ilmu Politik UIN Alauddin Gelar Kuliah Tamu, Narasumber dari Australia

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Program Studi Ilmu Politik UIN Alauddin menyelenggarakan Kuliah Tamu.

Kali ini mendatangkan tamu dari Australia Mr. Kevin Evans, Director The Australia – Indonesia Centre dan dimoderatori oleh Fajar, M.Si., dosen Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar.

Tema yang diangkat adalah, “Membedah Sistem Pemerintahan yang Mensejahterakan”.

Dalam pemaparannya, Evans menyatakan bahwa pilihan sistem politik atau konstitusi tidak terlalu banyak mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Evans menyampaikan bahwa pilihan sistem presidensial maupun parlementer lagi-lagi bukan jaminan sebuah negara mampu memberi keadilan dan kemakmuran bagi rakyatnya.

“Pendapat tersebut didukung oleh data dengan membandingkan beberapa negara yang memakai dua sistem tersebut,” jelas Evans.

Kuliah Tamu ini dimanfaatkan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Politik untuk memperdalam sekaligus mengkonfirmasi ilmu atau pendapat-pendapat para ahli yang selama ini mereka dapatkan baik di kelas maupun di luar kelas.

Pada kesempatan itu, Syahrir Karim, Ph.D selaku Ketua Prodi Ilmu Politik sangat mengapresiasi antusiasme yang ditunjukkan oleh mahasiswa baik bertanya, menyanggah maupun mengkonfirmasi kembali pernyataan Kevin Evans.

Baca Juga :   MUI Sulsel Gandeng LP2M UIN Alauddin Gelar Pelatihan Kader Ulama

Kuliah tamu ini dihadiri langsung oleh Rektor dan dibuka oleh dekan Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik. Dihadiri pula oleh para dosen dan sekitar 100an orang mahasiswa.

Kegiatan ini berlangsung di Lt. Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik pada hari Jumat, 22 November 2019. (FP/Rls)