Putra Maros Siap Unjuk Gigi di Ajang JPI 2019

Maros, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Maros layak berbangga. Pasalnya Hermansyah (18) pemuda dari Kelurahan Boribellayya, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros lolos seleksi menjadi Duta Pemuda Indonesia asal Sulawesi Selatan, yang akan mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2019 di Tondano, Minahasa, 31 Oktober-6 November 2019 mendatang.

Anak pertama dari empat bersaudara pasangan Nasrul dan Suryani (Hermansyah) akan berangkat bersama 12 Duta Pemuda Indonesia lainnya yang dinyatakan lolos Duta Pemuda Indonesia tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Dari 23 kabupaten/kota di Sulsel, hanya 12 kabupaten/kota saja yang terpilih wakilnya di ajang JPI tersebut.

JPI merupakan ajang pertemuan duta pemuda seluruh Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Ke-12 daerah itu, masing-masing Maros, Wajo, Soppeng, Luwu Utara, Jeneponto, Sinjai, Bulukumba, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu Timur, Bantaeng, dan Kota Pare-Pare. 12 Duta Pemuda Indonesia Sulsel itu terdiri dari enam pria dan enam wanita.

Kepada FAJARPENDIDIKAN.co.id Hermansyah menyebut ke-12 Duta Pemuda itu merupakan hasil seleksi tingkat provinsi, yang meliputi seleksi wawasan kebangsaan, kepribadian, moral, bakat, minat, dan seni budaya.

Baca Juga :   Rafli Kalungkan Empat Emas Sekaligus di Porda Sulsel XVI

“Pada seleksi tingkat provinsi, saya menampilkan keterampilan atau bakat saya di bidang tilawah, adzan, baca puisi, MC, teater monolong, masak kuliner tradisional, make up dan jadi presenter. Selain itu saya juga memaparkan pengetahuan saya mengenai apa itu pemuda dan budaya yang ada di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Maros,” paparnya.

Hermansyah berjanji akan berusaha tampil maksimal di ajang Jambore Pemuda Indonesia tahun 2019, sambil mempromosikan Maros khususnya di bidang seni, budaya dan pariwisata kepada pemuda dari seluruh Indonesia.

Reporter: Aris