Rangkaian Bioleaf, HMJ Biologi Gelar Seminar Nasional Isu Lingkungan

Sastrawan dan Pendiri Perpustakaan Palaba Soesilo Ananta Toer sebagi pemantik di seminar nasional HMJ Biologi UINAM.

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar menggelar seminar nasional.

Mengusung tema, “Inovasi Generasi Milenial dalam Menghadapi Problematika Lingkungan” dilaksanakan di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Selasa, 15 Oktober 2019.

Seminar nasional ini merupakan rangkaian dari Bioleaf salah satu program kerja dari HMJ Biologi. Pada tahun ini, kegiatan Bioleaf sudah memasuki tahun ke-tujuh.

“Skala tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu. Sebelumnya, Bioleaf mengikut sertakan dua elemen yakni siswa dan mahasiswa dengan skala provinsi tetapi pada tahun ini Bioleaf hanya menitik beratkan pada mahasiswa tetapi skalanya diperbesar yakni skala nasional,” ungkap Ketua Panitia Bioleaf, Djodi Setiawan.

Koordinator Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Sulsel, Rizky Anggriana Arimbi yang hadir sebagai pemantik dalam kegiatan ini menyinggung berbagai persoalan lingkungan yang sangat urgen, beberapa diantaranya adalah pembukaan lahan hutan yang dijadikan perkebunan sawit.

“Milenial harusnya paham dan tau cara menyelesaikan problematika lingkungan yang ada di Negara kita saat ini. Bangsa kita adalah bangsa konsumtif yang senang mengkonsumsi barang tanpa pernah berpikir untuk memproduksi inovasi baru,” paparnya.

Baca Juga :   Lantik Pejabat Baru, Begini Pesan Rektor UIN Alauddin

Selain Rizky Anggriana Arimbi, dalam seminar ini juga hadir Sastrawan dan Pendiri Perpustakaan Palaba Soesilo Ananta Toer sebagi pemantik terakhir. Dalam materinya, adik Pramoedya Ananta Toer itu menceritakan pengalamannya dan juga menyampaikan hakikat dirinya menjadi manusia.

“Hakikat manusia seharusnya bisa menjadi manfaat pada dirinya, keluarga dan juga lingkungan sekitarnya. Itulah yang mendasari saya memilih menjadi seorang pemulung karena pemulung adalah sosok pembawa manfaat bagi sekitarnya,” ucapnya. (FP/Rls)