Simbol O Pada Golongan Darah Harusnya Dibaca Nol

Ilustrasi Golongan Darah [Foto: Int]

Makassar, FajarPendidikan.co.id–  Setiap orang memiliki jenis golongan darah yang berbeda-beda, ada yang mempunyai golongan darah A, B, AB, dan O.

Biasanya golongan darah sesorang ditentukan dari faktor genetik orang tuanya. Golongan darah O adalah golongan darah yang paling umum dimiliki oleh penduduk dunia.

Ada yang unik soal penyebutan golongan darah O  ini di Indonesia, kebanyakan masyarkat membacanya dengan golongan “o” (huruf alfabet). Padahal penyebutan itu salah, harusnya golongan darah dengan simbol O dibaca “nol” bukan “o”.

Mengapa simbol O pada penyebutan golongan darah disebut nol ? Golongan darah A mempunyai sel darah dengan Antigen A, Golongan darah B mempunyai sel darah dengan Antigen B, Golongan darah AB mempunyai sel darah dengan Antigen A dan B. Sementara golongan darah O sel darahnya diketahui tidak memiliki antigen sama sekali.

Jadi alasan mengapa disebut golongan darah nol akrena berdasarkan jumlah antigennya, golongan darah nol tidak mempunyai antigen sama sekali.

Apa itu antigen ? Antigen adalah zat yang merangsang respon imun, terutama dalam menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh. Antigen biasanya tersusun oleh protein. (berbagai sumber)