Tiga Mahasiswa UNM Ciptakan Robot Penghapus Papan Tulis

Putri (Pendidikan Vokasional Mekatronika), Muhammad Irfandi (Pendidikan Vokasional Mekatronika) dan Abdullah (Pendidikan Teknik Elektro) dibawah bimbingan Dr Edy Sabara M Si.

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – UU No. 23 Tahun 2003 tentang SIKDIKNAS menjelaskan, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan nagara. Pendidikan dapat pula diartikan sebagai usaha yang sistematis untuk mencapai taraf hidup atau untuk kemajuan lebih baik. 

Salah satu aspek yang harunya mendapat perhatian utama adalah pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Menurut Megasari (2014) pengelolaran sarana dan prasarana sangat penting karena dengan adanya pengelolaan sarana dan prasarana lembaga pendidikan akan terpelihara dan jelas kegunaanya. Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan.

Papan tulis merupakan salah satu sarana yang masih banyak digunakan dalam proses pembelajaran di indonesia. Hal ini karena sebagian besar metode pendidikan belum sepenuhnya tersentuh teknologi digital terkhusus daerah-daerah terpencil. Dimana proses belajar-mengajarnya masih menggunakan cara konvensional yaitu dari guru (pemberi ilmu) memberikan pelajaran kepada murid melalui pengetahuan yang ditulis lewat papan tulis.

Baca Juga :   Selamat! Tiga Prodi Magister Unhas Peroleh Akreditasi A BAN-PT

Namun, dalam menghapus tulisan-tulisan yang ada dipapan tulis membutuhkan waktu  terlebih lagi menguras tenaga.Disamping itu, menghapus papan tulis merupakan aktivitas yang tidak disukai oleh para siswa karena harus dilakukan berulang-ulang.

Putri (Pendidikan Vokasional Mekatronika), Muhammad Irfandi (Pendidikan Vokasional Mekatronika) dan Abdullah (Pendidikan Teknik Elektro), dibawah bimbingan Dr Edy Sabara M Si  membuat sebuah prototipe Inovasi baru alat Penghapus papan tulis sensor suara sebagai upaya mempermudah penghapusan papan tulis.

“Prinsip kerja alat ini adalah, ketika kita memerintahkan kepada papan tulis untuk hapus, maka alat secara otomatis akan menghapus tulisan pada papan tulis ini dikarenakan adanya sistem sensor suara yang kita gunakan yaitu voice recognation yang telah kita program pada arduino, dengan Motor Stepper Sebagai penggerak alat tersebut,” kata Putri.

Putri dan kawan-kawan berharap, alat ciptaanya dapat diproduksi secara massal agar lebih memudahkan dalam menghapus tulisan-tulisan yang ada pada papan tulis. (*)