Tim IAIN Bone Ikuti Debat Konstitusi Mahasiswa Antar PT Se-Indonesia

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Mahasiswa yang tergabung dalam Tim debat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, Sulsel, dinyatakan lolos dalam tahap eliminasi Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi (PT) Se-Indonesia XII Tahun 2019 Tingkat Regional Timur.

Tim debat IAIN Bone yang terdiri tiga mahasiswa/i yakni Kiki Wulandari, Putri Apriani dan Sulkifli dari Prodi HTN ini dinyatakan lolos setelah menyisihkan puluhan tim debat dari berbagai PT se-Indonesia.

Kini, Tim debat IAIN Bone bersama puluhan deretan PT lainnya akan berlaga di tahap regional timur. Debat tersebut dilaksanakan di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado, mulai 11 s/d 13 April mendatang.

Pembimbing Tim debat IAIN Bone, Dr Hamzah MSy mengatakan Debat Konstitusi Mahasiswa antar PTse-Indonesia adalah ajang bergengsi tahunan yang dihelat oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (RI) untuk menanamkan pemahaman konstitusi dan Pancasila kepada generasi muda khususnya mahasiswa.

“Sebelumnya memang ada seleksi makalah yang dilakukan panitia debat, dan setelah itu Tim PT yang lolos dijadwal mengikuti debat di Universitas Sang Ratulangi, Manado. IAIN Bone lulus tahap eliminasi itu. IAIN Bone berada di regional Timur, saat ini sedang debat,”kata Dr Hamzah kepada FAJAR PENDIDIKAN, Jumat (12/4).

Baca Juga :   Perkuat Kompetensi, Mahasiswa S2 K3 FKM Unhas Belajar ke Bangkok

“Debat Tim IAIN Bone vs UIN Makassar telah selesai dan Insyallah jam 10.30 akan berlangsung debat antara IAIN Bone vs Universitas Surabaya dengan mosi debat pemidanaan bagi pengguna prostitusi,”tambah pembimbing lainnya, Irfan Amir SH MH.

Informasi dihimpun, kegiatan ini dibagi dalam 3 tahap, yakni eliminasi, regional dan nasional. Sebelumnya, semua PT baik Negeri maupun Swasta bisa mengikuti tahap eliminasi dengan mengirimkan video dan artikel. Namun hanya yang dinyatakan lolos seleksi yang bisa lanjut ke tahap regional.

Reporter: Abustan