Tumbuhkan Budi Pekerti, SDI 5/81 Giatkan Membaca Selama 15 Menit Sebelum Belajar

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Gerakan literasi sekolah sangat penting. Gerakan ini bertujuan menumbuhkan sikap budi pekerti luhur dan gemar membaca kepada murid lewat bahasa atau bacaan.

Hal tersebut salah satunya seperti yang terus digiatkan di sekolah yang dipimpin oleh Hj Rukayah, yakni di UPT SD Inpres 5/81 Passippo, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone.

Salah satu guru di UPT SD Inpres 5/81 Passippo, Buniati menyampaikan, gerakan literasi di sekolah tempatnya mengabdi tak jauh berbeda dengan gerakan literasi di sekolah lainnya. Literasi, menekankan cerita maupun dongeng-dongeng lokal yang bercerita tentang budi pekerti seperti cerita rakyat maupun cerita tentang kearifan lokal. Hal itu tuk menumbuhkan budi pekerti murid, disamping mendorong gemar membaca.

“Literasi membaca setiap hari 15 menit sebelum pembelajaran. Agar anak terbiasa membaca, menambah wawasan. Ini sudah lama sebenarnya dianjurkan dalam K13,”kata Buniati kepada FAJAR PENDIDIKAN, Kamis (10/9/2019).

Diketahui, para murid di sekolah tersebut mengikuti gerakan membaca di taman baca sekolah, di lapangan upacara dan tempat lainnya yang dinilai nyaman untuk mebaca para murid.

Baca Juga :   Dosen di Bone Ajari Murid Cara Mudah Menulis Puisi

Reporter: Abustan