UMI dan Pemda Pangkep Kolaborasi Canangkan KKN Tematik

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berkolaborasi bersama pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Pangkep untuk membuat konsep Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik.

Menjalin kolaborasi Pemda Pangkep dengan LPKM UMI, agar membuat KKN tematik yg berbasis pada program  khusus yang bisa di sinkronkan dengan program pemerintah, UMI menjadi pioner untuk pelaksanaan KKN  tematik.

“Selama ini KKN lama pada umumnya masih dianggap tidak mampu menyelesaikan permasalahan, bahkan kecenderungan pekerjaan hanya sifatnya berfokus pada batas-batas nama jalan dan sebagainya, Kkn tematik dengan konsep nya kita berharap dari perguruan tinggi yang mahasiswa KKN yang sesuai bidang ilmunya bisa menerapkan di lapangan sesuai keahliannya yang dimiliki,” ungkap kepala Bappeda Pangkep, Dr. Abdul Gaffar ST MSi, Minggu, (23/6/2019).

Ia berharap peran serta perguruan tinggi, khususnya UMI untuk turut membangun desa dengan berbasis  pendidikan sebagai wahana pengabdian kepada masyarakat.

“Kolaborasi Pemerintah daerah dan perguruan tinggi ini diharapkan dapat berjalan sesuai rencana dan maksimal  agar betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya.

Baca Juga :   Unimerz Lantik Pejabat dan Jajarannya

Saat ini UMI sudah siap untuk melangkah lebih jauh tentang KKN tematik ini. Ia juga menggambarkan sekilas atau  secara global sasaran yg menjadi target KKN nanti adalah desa, ada 65 desa di Pangkep. Ada 1 program  desa mandiri, ada sekitar 23 desa menjadi pilot desa mandiri.