11 Permainan 17 Agustus, Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia

FAJAR Pendidikan

17 Agustus merupakan hari yang menandakan kemerdekaan Indonesia dari penjajah. Selain identik dengan upacara bendera, perayaan 17 Agustus juga sering diramaikan dengan berbagai lomba-lomba seru.

Anak-anak, remaja, dan orang dewasa bermain dan bersaing satu sama lain untuk memenangkan hadiah. Biasanya, permainan tradisional kerap dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tujuannya adalah membangun ikatan antar sesama melalui nilai kebersamaan, kerjasama, dan solidaritas antar anggota masyarakat.

Lalu, Apa Saja Jenis Lomba 17 Agustus yang Sering Diselenggarakan?
Nah, kali ini, kami punya daftar lomba 17 Agustus yang bisa menjadi ide dan inspirasi dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

1. Lomba bakiak saat 17 Agustus

Dalam permainan ini, para peserta harus berjalan bersama untuk menjaga keseimbangan dan berusaha untuk tidak jatuh. Bakiak sendiri merupakan sandal kayu panjang yang biasa menampung empat hingga enam peserta.

Agar tidak jatuh, permainan ini membutuhkan kerjasama antar anggota yang baik. Tidak heran bila permainan ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kerjasama dalam tim

2. Lomba balap karung

Salah satu permainan yang populer dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia adalah lomba balap karung. Permainan ini berasal dari zaman penjajahan Belanda yang dibawa oleh misionaris Belanda ke sekolah dan instasi dalam naungan Belanda di Indonesia.

Setelah merdeka, permainan ini masih menjadi permainan yang sering menjadi lomba dalam 17 Agustus karena cukup mudah dan menarik.

Cara bermain dari lomba balap karung adalah peserta harus memasukkan tubuh ke dalam karung, kemudian mereka harus melompat sampai ke garis finish.

pohon dan mendapatkan hadiah yang berada di atas batang pohon tersebut.

BACA JUGA :   Spoiler Terbaru One Piece Chapter 1056 Caribou di Sunny Go dan Nasib Yamato

Di permainan ini, para pemain harus saling membantu agar salah satu anggota tim bisa berhasil mencapai puncak.

3. Lomba sarung futsal

Pada dasarnya, lomba sarung futsal memiliki aturan yang sama dengan permainan futsal biasanya. Perbedaaannya adalah lomba ini mengharuskannya pemainnya menggunakan sarung selama perlombaan untuk menambah tingkat kesulitan lomba.

Lomba sarung futsal juga mirip dengan daster futsal. Hanya berbeda dari kostum yang digunakan karena peserta lomba harus memakai daster, yang biasanya wanita gunakan saat di rumah.

4. Lomba gebuk bantal

Lomba ini terdiri dari dua orang yang berdiri dengan bambu panjang di atas sungai atau kolam. Peserta kemudian saling memukul satu sama lain menggunakan bantal hingga salah satunya jatuh ke dalam kolam.

Pemenangnya adalah peserta yang berhasil tidak jatuh atau yang bertahan paling lama di atas bambu.

5. Lomba balap kelereng saat 17 Agustus

Cara bermain lomba ini adalah para peserta berdiri di garis start dengan membawa sendok yang terdapat kelereng di mulut. Ketika lomba mulai, mereka harus secepat mungkin mencapai garis finish dan berusaha menyeimbangkan kelereng di sendok.

Peserta yang menjatuhkan kelereng harus mengulang dari garis start. Pemenangnya adalah peserta yang paling cepat mencapai garis finish tanpa menjatuhkan kelereng.

6. Lomba makan kerupuk saat 17 Agustus

Lomba 17 Agustus satu ini cukup seru. Tugas para peserta adalah menghabiskan kerupuk udang yang tergantung di tali. Namun, peserta tidak boleh menggunakan tangan saat menyantapnya. Nah, pemenangnya adalah peserta yang menghabiskan kerupuk tercepat.

7. Lomba panjat pinang

Lomba panjat pinang juga menjadi salah satu lomba 17 Agustus yang paling sering diadakan. Dalam lomba panjat pinang, peserta harus memanjat batang pohon dan mendapatkan hadiah yang berada di atas batang pohon tersebut.

BACA JUGA :   Eks Member LE SSERAFIM, Kim Garam Dirundung Setelah Kembali Bersekolah

Di permainan ini, para pemain harus saling membantu agar salah satu anggota tim bisa berhasil mencapai puncak.

8. Lomba tarik tambang saat 17 Agustus

Tarik tambang adalah olahraga yang menguji kekuatan dengan menarik tali tambang. Nah, dalam lomba ini terdiri dari dua kelompok yang berdiri pada kedua sisi tali.Kemudian, kedua kelompok tersebut menarik tali hingga melewati batas yang menyatakan bahwa salah satu kelompok menjadi pemenangnya.

9. Sarung voli

Lomba ini memiliki aturan dengan olahraga voli pada umumnya. Perbedaannya adalah peserta melempar dan menangkap bola voli menggunakan sarung. Jadi, kekompakan tim dan semangat kompetisi setiap tim akan diuji dalam permainan ini.

10. Permainan egrang

Permainan engrang juga menjadi ciri khas dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Peserta meletakkan kaki di atas pijakan dengan ketinggian 50 cm dari atas tanah. Kemudian, mereka harus berjalan menggunakan egrang sampai menuju garis finish.

11. Lomba memasukkan paku ke dalam botol saat 17 Agustus

Dalam lomba memasukkan paku dalam botol, para peserta akan memakai tali di pinggang dengan paku di ujung tali. Para peserta bersiap di garis start.

Kemudian, ketika lomba mulai, peserta harus mencapai botol di garis finish secepat mungkin. Lalu, mereka harus memasukkan paku ke dalam botol tanpa menyentuh tali atau paku.

lomba masukin paku ke dalam botol saat 17 agustus

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI