ADV A1

4 Cara Menghadapi Anak yang Rewel Tanpa Memberi Gadget

FAJAR Pendidikan

Apabila Si Kecil sedang rewel, jangan langsung memberikannya gadget agar ia bisa tenang. Justru pada saat seperti ini, Bunda dan Ayah perlu memberikannya perhatian lebih dan penjelasan yang baik agar ia bisa menenangkan diri.

Berikut ini untuk menenangkan Si Kecil yang sedang rewel.

1. Tenangkan anak dengan sabar

Tak bisa dipungkiri, saat anak rewel atau tantrum kadang memang bisa membuat kesal, ya Bun, apalagi ketika situasinya tidak tepat, seperti saat berada di keramaian. Kendati demikian, Bunda dan Ayah harus tetap sabar menghadapinya, ya.

Hindari marah-marah atau berteriak kepada Si Kecil, karena hal ini hanya akan membuatnya semakin rewel. Sebaliknya, bila Bunda menghadapinya dengan sabar, Si Kecil yang rewel mungkin akan lebih mudah ditenangkan.

 

2. Ajak anak ke tempat yang lebih sepi

Sebagian orang tua mungkin akan segera memberi gadget kepada anaknya ketika ia rewel atau mengamuk di tempat ramai. Nah, ini sebaiknya hindari, ya Bun. Daripada memberinya gadget, cobalah ajak Si Kecil ke tempat yang lebih tenang dan sepi, misalnya taman, agar ia bisa lebih mudah menenangkan diri.

BACA JUGA :   Kumpulan Caption Instagram Simpel nan Kekinian

Setelah itu, jelaskan situasi kepada Si Kecil bahwa jika ia rewel di tempat umum, maka hal tersebut bisa saja mengganggu orang lain dan itu bukanlah hal yang sopan. Kemudian, berikanlah sentuhan atau pelukan hangat untuk menenangkannya.

Namun, jika setelah melakukan hal-hal di atas Si Kecil masih terus rewel, sebaiknya Bunda segera membawanya pulang ke rumah.

 

3. Cari tahu keinginan anak

Ketika Si Kecil rewel, hal ini mungkin menjadi salah satu caranya untuk mengomunikasikan keinginannya yang tidak terpenuhi. Oleh sebab itu, jika ia sedang rewel, Bunda bisa langsung saja berikan pertanyaan kepadanya, seperti “kamu mau apa?” atau “kamu masih lapar, ya?”.

Si Kecil mungkin akan mengangguk, menggeleng, atau menunjuk hal yang ia inginkan untuk menjawab pertanyaan Bunda. Dengan mengetahui keinginannya, Bunda bisa menghadapi Si Kecil yang rewel dengan lebih mudah, tanpa harus memberikannya gadget.

BACA JUGA :   Kumpulan Caption Instagram Selfie Singkat Bahasa Inggris dan Artinya

Akan tetapi, jika ia meminta untuk bermain gadget, cobalah untuk tidak langsung menuruti keinginannya dan ajaklah ia untuk melakukan kegiatan lain, seperti berjalan-jalan atau pergi ke toko mainan.

 

4. Ganti gadget dengan buku

Bun, ada banyak sekali manfaat membaca buku bagi anak, lho. Mulai dari memperkenalkan kosakata, melatih konsentrasi dan daya ingat, hingga melatih kemampuan berkomunikasi Si Kecil. Jadi, daripada memberikan gadget untuk mendiamkan anak yang rewel, lebih baik Bunda mengajaknya untuk membaca buku.

Hal ini bermanfaat untuk mengalihkan perhatian Si Kecil yang sedang rewel sekaligus melatihnya menyukai buku sejak dini. Walau menghadapi anak rewel dengan cara-cara di atas memang tidak semudah memberikan gadget, tetapi Bunda dan Ayah tetap perlu melakukannya agar Si Kecil bisa terhindar dari risiko kecanduan gadget.

 

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI