5 Contoh Kalimat Kata Benda dan Susunannya serta Jenis Kata Benda

5 Contoh Kalimat Kata Benda dan Susunannya serta Jenis Kata Benda
5 Contoh Kalimat Kata Benda dan Susunannya serta Jenis Kata Benda

5 Contoh Kalimat Kata Benda dan Susunannya serta Jenis Kata Benda, Kata benda adalah jenis kata yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari.

Kata benda merupakan kata untuk menunjukkan suatu benda, baik benda konkret atau yang bisa dilihat dengan mata maupun benda abstrak. Kata benda ini dikenal juga dengan sebutan nomina.

Terdapat banyak sekali jenis kata benda yang sehari-hari diucapkan. Misalnya, kata benda konkret atau yang dapat dilihat seperti komputer, handphone, pulpen, pintu, bola, dompet, tas, baju, sepatu, dan lain sebagainya. Sedangkan kata benda abstrak, memang tidak berwujud namun bisa dirasakan, misalnya cinta, kekuatan, kecewa, kasih sayang, dan lain sebagainya.

Dalam penggunaan kata benda, tentu perlu disusun dengan jelas dalam sebuah kalimat. Penyusunan kata benda dalam kalimat ini harus memperhatikan jenis kata benda yang digunakan dan maksud yang ingin disampaikan. Sama seperti jenis kata lainnya, penggunaan kata benda dalam sehari-hari harus memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Untuk memperjelas pemahaman, Anda bisa menyimak berbagai contoh kalimat kata benda berikut. Dengan melihat contoh secara langsung, Anda bisa menganalisis di mana letak kata benda, bagaimana bentuk kata benda yang diucapkan, dan apa maksud kata benda dari kalimat tersebut. Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum penjelasan contoh kalimat kata benda dan susunannya.

Jenis Kata Benda Berdasarkan Perwakilan

Sebelum mengetahui berbagai contoh kalimat kata benda, perlu dipahami terlebih dahulu jenis-jenis kata benda. Jenis kata benda yang pertama dibedakan berdasarkan perwakilan. Dalam hal ini, terdapat dua jenis kata benda yaitu kata benda umum dan kata benda khusus. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Kata Benda Umum
BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Subtema 3 Halaman 138 139 141 Pembelajaran 2 Lengkap

Kata benda umum adalah jenis kata benda yang menunjukkan bentuk benda atau konsep dari suatu benda secara umum. Biasanya nomina jenis ini digunakan untuk menyebut suatu benda yang mengacu pada identitas orang.

Misalnya, kata benda “pelajar” mengacu pada kalangan siswa dan siswi yang masih belajar di bangku sekolah. Kata “mahasiswa” mengacu pada pelajar lanjutan yang menempuh ilmu di perguruan tinggi. Atau kata “Presiden” yang mengacu pada kepala negara sekaligus pemerintahan yang memimpin suatu negara, dan banyak contoh lainnya.

  • Kata Benda Khusus

Berikutnya adalah jenis kata benda khusus, yaitu nomina yang menyebutkan suatu benda namun mengacu pada hal-hal yang spesifik. Dengan begitu, lawan bicara bisa langsung mengerti siapa atau apa yang dimaksud.

Misalnya, kata “kota” tentu Anda langsung memahami yang dimaksud kota seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Balikpapan, dan lain sebagainya. Kemudian kata “planet” tentu mengacu pada jenis-jenis benda angkasa seperti Merkurius, Venus, Bumi, Mars, dan lain sebagainya. Nomina ini mengacu pada hal-hal spesifik yang sudah diketahui secara umum.

Jenis Kata Benda Berdasarkan Bentuk

Sebelum mengetahui berbagai contoh kalimat kata benda sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia, terdapat satu kategori jenis kata benda lagi yang perlu dipahami, yaitu kata benda berdasarkan bentuk. Kata benda ini dibagi menjadi tiga yaitu kata benda dasar, kata benda turunan, dan kata benda kolektif. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Kata Benda Dasar

Kata benda dasar adalah jenis nomina yang menunjukkan bentuk atau wujud benda secara konkret atau abstrak. Biasanya tidak perlu menambahkan kata apapun untuk menunjukkan sifat dari benda yang dimaksud. Misalnya air, kertas, rumah, pasir, nasi, dan lain sebagainya. Sehingga kata benda jenis ini dapat berdiri sendiri dan memberikan arti atau makna secara penuh dari benda yang dimaksud.

  • Kata Benda Turunan
BACA JUGA :   Etanol: Pengertian, Sifat, dan Rumus Kimianya

Kata benda turunan adalah jenis nomina yang berlawanan dari kata benda dasar. Kata benda turunan perlu menggunakan imbuhan, baik awalan, akhiran, sisipan, atau awalan dan akhiran. Penggunaan imbuhan ini untuk memperjelas kata benda apa yang dimaksud. Misalnya kata, pemanah, pencuri, pertanian, masakan, penyanyi, minuman, dan lain sebagainya.

  • Kata Benda Kolektif

Terakhir kata benda kolektif adalah jenis nomina yang digunakan untuk menyebutkan benda atau bentuk benda yang berupa kumpulan. Sehingga kata benda ini digunakan untuk menyebutkan benda yang bersifat jamak. Misalnya hadirin, masyarakat, pemuda, peserta, dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat Kata Benda

Setelah memahami berbagai jenis-jenis kata benda berdasarkan perwakilan dan bentuknya, terakhir akan diberikan berbagai contoh kalimat kata benda yang sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia. Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa pengucapan kata benda dalam sebuah kalimat harus disusun dengan memperhatikan jenis kata benda yang digunakan dan tata letak yang benar. Berikut berbagai contoh kalimat kata benda bisa disimak.

Kata Benda Umum

  • Pelajar berbaju seragam biru itu terlihat lelah dan lesu.
  • Mahasiswa Universitas Indonesia sedang menggalang dana di jalan untuk korban banjir di Sulawesi.
  • Wartawan itu sedang mewawancarai saksi kecelakaan di tempat kejadian perkara.
1
2