6 Agenda Besar Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

Shin Tae-yong baru saja menandatangani perpanjangan kontrak dengan PSSI, yang akan membuatnya menangani Timnas Indonesia hingga tahun 2027. Dengan perpanjangan kontrak ini, Shin memiliki enam agenda besar yang menantinya bersama Thom Haye dkk.

Berikut ini 6 agenda besar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia:

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Agenda terdekat bagi Shin Tae-yong adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Shin harus mempersiapkan Timnas Indonesia untuk menghadapi 10 pertandingan di putaran ketiga kualifikasi ini.

- Iklan -

Timnas Indonesia akan bersaing di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, yang dianggap sebagai grup yang sangat kompetitif. Grup ini mencakup tim-tim kuat seperti Timnas Jepang, Timnas Arab Saudi, Timnas Bahrain, dan Timnas China.

Piala AFF 2024 dan 2026

Pastikan untuk tidak melupakan bahwa Piala AFF tetap menjadi salah satu fokus utama. Indonesia masih berambisi untuk mendominasi kompetisi bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Piala AFF mendatang dijadwalkan pada November-Desember 2024. Ini merupakan kesempatan ideal bagi Indonesia untuk meraih gelar juara, atau setidaknya untuk mempersiapkan diri dengan baik menuju kesempatan berikutnya pada tahun 2026.

- Iklan -
Baca Juga:  Kualifikasi Piala Asia U20, Nasib Indonesia dan Malaysia Berbeda

Piala Asia U-23 2026

Shin Tae-yong akan terus menjadi pelatih Timnas Indonesia U-23, memimpin Garuda Muda dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2026 yang akan diadakan tahun depan.

Tugas berat menantinya untuk meniru prestasi di Piala Asia U-23 2024. Ini menjadi kesempatan penting untuk memulihkan semangat setelah kekecewaan gagal lolos ke Olimpiade.

SEA Games 2025 dan 2027

Selain Piala Asia U-23, Shin juga akan menghadapi tugas di SEA Games 2025 dan 2027. Mempertahankan medali emas pada ajang tahun depan menjadi tantangan utamanya.

- Iklan -

Sebelumnya, Shin hanya berhasil meraih medali perunggu pada 2021. Kini, kita akan melihat seberapa efektif sentuhan tangan pelatih asal Korea Selatan ini.

Piala Dunia 2026 (jika Lolos)

Piala Dunia 2026 menjadi target utama Timnas Indonesia di bawah arahan Shin. Dengan peningkatan jumlah peserta menjadi 48 tim, Benua Asia (AFC) mendapatkan tambahan slot menjadi 8,5.

Baca Juga:  KMSK Deinze Tak Perpanjang Kontrak, ke Mana Marcelino Lanjutkan Karir

Jumlah tersebut memberikan peluang yang realistis bagi Timnas Indonesia untuk berjuang mencapai kualifikasi. Jika berhasil lolos, Shin akan menghadapi tugas besar di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Piala Asia 2027

Ini bisa menjadi penampilan terakhir Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Piala Asia 2027 direncanakan akan diselenggarakan di Arab Saudi.

Tim Merah Putih telah memastikan tempat di turnamen tersebut setelah berhasil mencapai putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sebagai salah satu dari 18 tim. Shin perlu mempersiapkan tim dengan optimal untuk tahun-tahun mendatang.

Indonesia mencatat sejarah dengan lolos dari fase grup Piala Asia untuk pertama kalinya, sebuah prestasi yang ingin diulang bahkan dilampaui pada Piala Asia 2027.

Inilah enam agenda besar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia setelah resmi memperpanjang kontraknya hingga 2027. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU