Adverbs of Time, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis adverbs yang umum digunakan. Adverbs of Time adalah salah satu jenis adverbs yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Berikut penjelasan lengkap mengenai Pengertian Adverbs of Time , Jenis Adverbs of Time dan Fungsi Adverbs of Time dalam kalimat.

Pengertian Adverbs of Time

Adverbs of Time dalam bahasa Inggris adalah kata-kata yang digunakan untuk menunjukkan kapan suatu kegiatan terjadi. Contohnya adalah “now” (sekarang), “yesterday” (kemarin), “tomorrow” (besok), “soon” (segera), “later” (nanti), “always” (selalu), dan sebagainya.

Adverba waktu memberikan informasi tambahan tentang waktu dalam suatu kalimat dan membantu menyusun urutan kejadian atau peristiwa.

- Iklan -

Jenis Adverbs of Time

Tentu, berikut adalah beberapa jenis umum dari Adverbs of Time dalam bahasa Inggris:

  1. Point in Time (Titik Waktu): Kata-kata yang menunjukkan titik spesifik dalam waktu, seperti “now” (sekarang), “then” (kemudian), “today” (hari ini), “yesterday” (kemarin), “tomorrow” (besok).
  2. Duration (Durasi): Kata-kata yang menunjukkan berapa lama suatu kegiatan berlangsung, seperti “for” (selama), “since” (sejak), “temporarily” (sementara), “permanently” (selamanya).
  3. Frequency (Frekuensi): Kata-kata yang menunjukkan seberapa sering suatu kegiatan terjadi, seperti “always” (selalu), “often” (sering), “sometimes” (kadang-kadang), “rarely” (jarang), “never” (tidak pernah).
  4. Order (Urutan): Kata-kata yang menunjukkan urutan kejadian atau peristiwa, seperti “first” (pertama), “next” (berikutnya), “finally” (akhirnya), “previously” (sebelumnya), “later” (nanti).
  5. Simultaneity (Kesamaan Waktu): Kata-kata yang menunjukkan dua atau lebih kegiatan yang terjadi pada saat yang sama, seperti “while” (sementara), “as” (saat), “meanwhile” (sambil itu), “simultaneously” (secara bersamaan).
  6. Relative Time (Waktu Relatif): Kata-kata yang menunjukkan hubungan waktu antara dua kegiatan atau peristiwa, seperti “before” (sebelum), “after” (setelah), “during” (selama), “until” (sampai), “since” (sejak).
Baca Juga:  Soal dan Kunci Jawaban PKN Kelas 8 SMP Halaman 96 Kurikulum Merdeka

Adverba waktu ini membantu memberikan konteks temporal dalam kalimat dan memungkinkan pembicara atau penulis untuk menyampaikan informasi tentang waktu dengan jelas dan teratur.

Fungsi Adverbs of Time

Fungsi Adverbs of Time dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

- Iklan -
  1. Memberikan Informasi Temporal: Adverbs of Time memberikan informasi tentang kapan suatu kegiatan atau peristiwa terjadi. Mereka membantu pendengar atau pembaca untuk memahami waktu dan urutan peristiwa dalam kalimat.
  2. Menyusun Urutan Kejadian: Dengan menggunakan adverba waktu, pembicara atau penulis dapat mengatur urutan kejadian atau peristiwa dalam sebuah narasi atau kalimat, sehingga membantu dalam pemahaman kronologis.
  3. Menggambarkan Durasi: Beberapa adverba waktu menggambarkan durasi atau lama suatu kegiatan berlangsung, sehingga memberikan informasi tambahan tentang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu aktivitas.
  4. Menunjukkan Frekuensi: Adverbs of Time juga dapat menunjukkan seberapa sering suatu kegiatan terjadi, memberikan gambaran tentang kebiasaan atau pola tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Membantu Keteraturan Kalimat: Dengan menyertakan adverba waktu, kalimat dapat menjadi lebih terstruktur dan teratur, sehingga memudahkan pembaca atau pendengar dalam memahami pesan yang disampaikan.
  6. Menyampaikan Kesamaan Waktu atau Hubungan Waktu: Beberapa adverba waktu digunakan untuk menyampaikan informasi tentang kesamaan waktu antara dua atau lebih kegiatan, atau tentang hubungan temporal antara peristiwa yang berbeda.
Baca Juga:  Jenis-Jenis Artikel (Article) dan Determiner dalam Bahasa Inggris

Dengan demikian, Adverbs of Time adalah alat penting dalam bahasa Inggris yang membantu untuk menyampaikan informasi tentang waktu dengan jelas dan teratur.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Pengertian Adverbs of Time , Jenis Adverbs of Time dan Fungsi Adverbs of Time dalam kalimat.

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU