Minggu, Desember 5, 2021

Buah-Buahan Ini Disebut dalam Al-Qur’an, Mudah Dijumpai

Apa saja buah dan sayuran yang disebut dalam Al-Qur'an?

Bukti kekuasaan Allah dapat kita lihat dari banyaknya tanaman yang tumbuh di bumi dan bermanfaat bagi makhluk hidup. Dari banyak tanaman bumi, ada beberapa buah-buahan  yang disebut dalam Al-Qur’an. Sebagian tumbuh di Indonesia.

Apa saja buah dan sayuran yang disebut dalam Al-Qur’an? 

1. Buah Kurma الرطب (Surat Maryam: 25)

Di dalam Al-Qur’an, buah ini disebut Ar-Rutthob dan banyak tumbuh di Timur Tengah. Kurma merupakan makanan favorit Nabi Muhammad dan bangsa Arab. Buah ini dianggap sebagai makanan ideal karena mengandung nutrisi penting dan bermanfaat bagi kesehatan.

وَهُزِّىۡۤ اِلَيۡكِ بِجِذۡعِ النَّخۡلَةِ تُسٰقِطۡ عَلَيۡكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.” (QS Maryam: 25)

2. Buah Pisang طلح ممدود (Surat Al-Waqi’ah: 29)

Buah Pisang
Buah Pisang. FOTO: Klik dok

Dalam Bahasa Arab, buah pisang disebut dengan Mauzun. Sedangkan dalam Al-Qur’an menyebutnya dengan At-Talhim (pohon pisang). Buah ini banyak tumbuh di Indonesia dan menjadi salah satu buah populer bagi masyarakat di Tanah Air. Pisang memiliki khasiat membantu fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke karena kandungan kalium yang ada dalam buah ini.

وَّطَلۡحٍ مَّنۡضُوۡدٍۙ

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).” (QS Al-Waqi’ah Ayat 29)

3. Buah Anggur العنب (Surat Al-Isra’: 91)

Anggur, salah satu buah yang sering disebut dalam Al-Qur’an. Anggur (‘inabun) termasuk buah yang disukai banyak orang. Buah ini juga banyak tumbuh di Indonesia.

فَاَنۡشَاۡنَا لَـكُمۡ بِهٖ جَنّٰتٍ مِّنۡ نَّخِيۡلٍ وَّ اَعۡنَابٍ‌ ۘ لَـكُمۡ فِيۡهَا فَوَاكِهُ كَثِيۡرَةٌ وَّمِنۡهَا تَاۡكُلُوۡنَ

“Lalu dengan (air) itu, Kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur; di sana kamu memperoleh buah-buahan yang banyak dan sebagian dari (buah-buahan) itu kamu makan,” (QS Al-Muminun Ayat 19)

4. Buah Delima الرمان (Surat Al-An’am: 99)

Delima merupakan karunia besar Allah yang diabadikan dalam Surat Al-An’am Ayat 141. Buah Delima (Ar-Rumman) berasal dari Timur Tengah dan tersebar di daerah subtropik hingga tropis.

وَهُوَ الَّذِىۡۤ اَنۡشَاَ جَنّٰتٍ مَّعۡرُوۡشٰتٍ وَّغَيۡرَ مَعۡرُوۡشٰتٍ وَّالنَّخۡلَ وَالزَّرۡعَ مُخۡتَلِفًا اُكُلُهٗ وَالزَّيۡتُوۡنَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَّغَيۡرَ مُتَشَابِهٍ

“Dan Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya).” (QS Al-An’am Ayat 141)

5. Buah Tin التين (Surat At-Atin: 1)

buah tin
Buah tin. FOTO: Int

Buah Tin termasuk buah yang diberkahi dan tumbuh di bukit sekitar Damaskus, Siria. Di dalam Al-Qur’an, Allah bersumpah atas nama buah/tumbuhan ini. Buah ini dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai.

وَالتِّيۡنِ وَالزَّيۡتُوۡنِۙ‏

Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun“. (Surat At-Tin Ayat 1)

6. Buah Zaitun الزيتون (Surat An-Nahl: 11)

Buah Zaitun sangat populer di kalangan Islam karena sering disebut dalam Al-Qur’an. Buah-buahan ini mengingatkan kita tentang kisah Nabi Isa menerima wahyu. Banyak manfaat dari buah ini. Selain buahnya dapat dimakan, zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan dan minyaknya digunakan untuk bahan kosmetik.

يُنۡۢبِتُ لَـكُمۡ بِهِ الزَّرۡعَ وَالزَّيۡتُوۡنَ وَالنَّخِيۡلَ وَالۡاَعۡنَابَ وَمِنۡ كُلِّ الثَّمَرٰتِ‌ؕ

Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan.” (QS. An-Nahl Ayat 11).

Itulah daftar buah-buahan dalam Al Qur’an yang bisa kamu konsumsi. Sebuah buah-buahan itu sangat baik buat kesehatan.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI