- Advertisement -

Contoh Bilangan Asli Lengkap Pengertian, Sejarah dan Penulisan

Contoh Bilangan Asli Lengkap Pengertian, Sejarah dan Penulisan, Bilangan asli merupakan sebuah bilangan yang di awali angka 1 dan akan terus bertambah 1 atau himpunan bilangan bulat positif yang tidak termasuk 0.

Dilansir Fajar Pendidikan dari Materibelajar.co.id, berikut ini penjelasan lengkap dari Contoh Bilangan Asli Lengkap Pengertian, Sejarah dan Penulisan. Simak penjelasannya di bawah ini…..

Pengertian Bilangan Asli

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Bilangan asli merupakan sebuah bilangan yang di awali angka 1 dan akan terus bertambah 1 atau himpunan bilangan bulat positif yang tidak termasuk 0.

Mengapa demikian? Karena yang termasuk ke dalam himpunan bilangan bulat positif yakni adalah angka { 0, 1, 2, 3, … }. Maka, yang termasuk ke dalam bilangan asli yakni adalah { 1, 2, 3, 4, … }.

Dalam matematika, ada 2 buah kesepakatan mengenai himpunan bilangan asli, yakni sebagai berikut :

  • Yang pertama yakni definisi menurut matematikawan tradisional, yang berbunyi seperti ini himpunan bilangan bulat positif yang bukan nol = {1, 2, 3, 4, ……}
  • Definisi yang kedua yakni dari logikawan dan juga ilmuwan komputer, yang berbunyi himpunan 0 & bilangan bulat positif = {0, 1, 2, 3, ……}
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Bilangan asli adalah salah satu dari konsep matematika yang paling sederhana dan termasuk ke dalam konsep pertama yang dapat dipelajari dan dimengerti oleh banyak manusia, bahkan beberapa penelit menunjukkan beberapa jenis kera juga dapat menangkapnya atau mampu memahaminya.

Wajar apabila bilangan asli menjadi jenis bilangan pertama dari bilangan yang digunakan untuk membilang, menghitung, maupun yang lainnya.

BACA JUGA:  Penjelasan Lengkap Husnuzzan kepada Allah Lengkap Contoh dan Ayat-Ayatnya

Sejarah Bilangan Asli

Di dalam matematika banyak sekali sejarah yang mengenai hal dalam bilangan, salah satunya bilangan asli memiliki sejarah dari kata – kata yang digunakan untuk menghitung benda – benda, yang di awalai dari bilangan

Kemajuan besar pertama dalam abstraksi adalah dari penggunaan sistem bilangan dalam melambangkan angka – angka. Ini memungkinkan pencatatan bilangan besar.

Contohnya, orang – orang dari Babylonia mengembangkan sistem berbasis posisi untuk angka 1 & angka 10. Kemudian orang Mesir kuno memiliki sistem bilangan dengan hieroglif berbeda untuk angka 1, 10, & seluruh pangkat 10 hingga 1 juta.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kemudian sebuah ukuran batu dari Karnak tertanggal sekitar 1500 M yang pada saat berada di Louvre, Paris, melambangkan 276 sebagai 2 ratusan, 7 puluhan serta 6 satuan. Hal demikian juga dilakukan untuk angka 4622.

Kemajuan besar yang lain adalah dari pengembangan gagasan angka 0 yang menjadi bilangan dengan lambang nya tersendiri. 0 sudah digunakan dalam notasi posisi sedini 700 SM oleh orang – orang dari Babylon.

Namun mereka melepaskan jika menjadi lambang terakhir pada bilangan tersebut. Konsep 0 pada masa modern berasal dari matematikawan India yang sangat terkenal yang bernama Brahmagupta.

Sejak abad ke – 19 dikembangkan definisi baru yakni bilangan asli menggunakan teori himpunan. Dengan adanya definisi ini, di rasakan lebih mudah memasukkan nilai 0 sebagai bilangan asli yang saat ini menjadi pelajaran konvensi dalam bidang teori himpunan, logika & ilmu komputer.

BACA JUGA:  Rangkuman Materi Metabolisme Lengkap

Ada juga matematikawan yang lainnya, seperti dalam bidang teori bilangan yang bertahan pada tradisi lama dan hingga saat ini tetap menjadikan angka 1 sebagai bilangan asli pertama.

Contoh Bilangan Asli

Berikut ini adalah contoh-contoh bilangan asli, diantaranya :

1. Contoh himpunan dari bilangan asli secara umum adalah :

X = { 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11, … }. Maksudnya adalah bilangan asli tersebut yakni bilangan 1, 2, 3, 4 … dan tidak terbatas.

2. Contoh bilangan asli yang kurang dari angka 10 :

X = { 1,2,3,4,5,6,7,8,9 }. Maksudnya yaitu adalah himpunan bilangan asli yang kurang dari angka 10 yakni di mulai dari angka 1 sampai dengan 9.

3. Contoh himpunan bilangan asli yang kurang dari angka 15 :

X = { 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14 }. Maksudnya yaitu adalah himpunan bilangan asli yang kurang dari angka 15 yakni di mulai dari angka 1 –sampai dengan 14.

4. Contoh himpunan bilangan asli yang kurang dari angka 8 :

X = { 1, 2, 3, 4, 5, 6 , 7 }. Maksudnya yaitu adalah himpunan dari bilangan asli yang kurang dari 8 ialah di mulai dari angka 1 –sampai dengan 7.

5. Contoh himpunan bilangan asli yang kurang dari angka 5 :

X = { 1, 2, 3, 4 }. Maksudnya yaitu adalah himpunan bilangan asli yang kurang dari angka 5 yakni di mulai dari angka 1 s/d 4.

6. Contoh himpunan bilangan asli antara angka 1 – 10 :

X = { 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 }. Maksudnya yaitu adalah himpunan bilangan asli antara angka 1 s/d 10 yang di mulai dari angka 2 s/d 9.

Bagikan

BACA JUGA:

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 SD MI Halaman 200 dan 201

Berikut kunci jawaban tema 2 kelas 2 halaman 200 201 Buku Tematik SD dan MI kurikulum 2013 edisi revisi 2017, materi menghitung pembagian. Pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan...

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Subtema 2, Pembelajaran 4 Halaman 86, 87, dan 89

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6, Subtema 2, Pembelajaran 4 Halaman 86, 87, dan 89. Pembelajaran 4 yang mulai dari halaman 83 sampai 90,...

Jenis Magnet Berdasarkan Bentuknya

Magnet adalah suatu objek yang memiliki suatu medan magnet. Magnet sering diartikan sebagai benda dengan gejala dan sifat dapat memengaruhi bahan tertentu yang berada di...

Pengertian Kerja Sama Dan Bentuk-Bentuk Kerja Sama

Pengertian kerja sama dan bentuk-bentuk kerja sama adalah pembahasan utama materi pelajaran sosiologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar kelas x sebagai berikut...

Kunci Jawaban Soal Ujian Sekolah Kelas 9 IPA Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Soal Ujian Sekolah Kelas 9 IPA Kurikulum 2013. Kelas 9 SMP Tahun Ajaran 2021/2022. Soal Ujian Sekolah untuk mata pelajaran IPA ini...

POPULER