Minggu, Oktober 17, 2021

Departemen Epidemiologi FKM Unhas Gelar Guest Lecturer

spot_imgspot_img

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangka Dies Natalis Unhas ke 65 dan World Field Epidemiology Day yang bertepatan pada bulan September serta  menyambut Dies Natalis FKM Unhas ke 39 pada bulan November tahun ini,  Departemen Epidemiologi melaksanakan kegiatan Guest Lecturer secara virtual pada hari Sabtu, 11 September 2021.

Guest Lecturer tersebut menghadirkan pembicara Alden Henderson, MPH, Ph.D dari CDC Atlanta serta dr. Muhammad Asri, MPH senior Field Epidemiologist dari FETP Indonesia membahas topik The Roles of Field Epidemiology in Global Health Security.

Kegiatan yang dipandu oleh Ansariadi, Ph.D yang merupakan kordinator Field Epidemiology Training Program (FETP) Universitas Hasanuddin, diikuti kurang lebih 100 partisipan yang terdiri dari staf Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, mahasiswa S1 dan S2 Prodi Kesehatan Masyarakat serta mahasiswa dan alumni FETP Universitas Hasanuddin yang sebagian besar berasal dari wilayah timur Indonesia.

Alden Anderson dalam paparan materinya menyampaikan peran penting tenaga epidemiologi lapangan dalam menghadapi berbagai masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat.

“Ketika terjadi outbreak, perlunya dilakukan kegiatan survailans, investigasi sampai penyelesaian masalah,” jelasnya.

Sementara itu Muhammad Asri memaparkan pengalamannya saat melakukan investigasi Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit antraks yang sampai saat ini masih sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Acara ditutup oleh Ketua Departemen Epidemiologi FKM Unhas Dr. Wahiduddin, SKM, M,Kes dengan pesan kepada peserta khususnya mahasiswa yang telah mendapat pengetahuan terkait peran epidemiologi lapangan pada kegiatan Guest Lecturer hari ini serta dapat menerapkan secara baik, saat mereka bekerja di lapangan nantinya.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI