Selasa, Mei 11, 2021

Dinas Perpustakaan Kota Makassar Sentuh Pustaka di 16 Sekolah

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Inovasi Unggulan Dinas Perpustakaan Kota Makassar yakni Sentuh Pustaka atau akronim dari Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan diawal tahun 2021 mulai berjalan sejak 15 Februari.

Ada 16 Sekolah yang terpilih untuk diberikan pendampingan Sentuh Pustaka tahap I di tahun 2021. Sekolah-Sekolah ini telah melakukan permohonan ke Dinas Perpustakaan Kota Makassar sejak tahun 2020.

Karena pandemi covid maka sebagian perpustakaan sekolah tersebut pada tahun 2020 melakukan Sentuh Pustaka Mandiri yang dipantau oleh Pustakawan dari Dinas Perpustakaan.

16 Perpustakaan Sekolah tersebut adalah :

1. Perpustakaan An Nahl SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar

2. Perpustakaan Ceria SD Inpres Banta-Bantaeng 1 Makassar

3. Perpustakaan Hasanuddin SDN Mangkura 1 Makassar

4. Perpustakaan Pelangi SDN Daya 1 Makassar

5. Perpustakaan SMP Negeri 12 Makassar

6. Perpustakaan Carakdek SMP Negeri 24 Makassar

7. Perpustakaan SMP Negeri 30 Makassar

8. Perpustakaan SMP Negeri Madani Makassar

9. Perpustakaan Agus Salim SMP Negeri 31 Makassar

10. Perpustakaan SMP Telkom Makassar

11. Perpustakaan Lamacca SMP Negeri 20 Makassar

12. Perpustakaan Zaid Bin Tsabit SDIT Wahdah Islamiyah 01 Makassar

13. Perpustakaan Manarul Ilmi Library SMP Negeri 10 Makassar

14. Perpustakaan Darul Ilmi SMPIT Wahdah Islamiyah Makassar

15. Perpustakaan Gerbang Ilmu SD Negeri Borong Makassar

16. Perpustakaan Aneka Ilmu SDS Hang Tuah Makassar

Sentuh Pustaka adalah suplemen kegiatan pembinaan perpustakaan sekolah yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang melibatkan berbagai pihak (eksternal). Unsur eksternal diantaranya Kelompok Kerja Pustakawan (KKP) Sulsel, Kelompok Kerja Pustakawan Sekolah (KKPS) Kota Makassar, pegiat literasi, mitra penerbit dan yang paling utama keterlibatan langsung kepala sekolah sebagai kepala UPT dan penyelenggara perpustakaan di sekolah sedangkan unsur internal dari Tim Pembina Perpustakaan Sekolah yang dibentuk oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Tahun ini dibentuk 6 tim dari unsur internal ditambah gabungan tim eksternal sebagai upaya untuk lebih cepat menjangkau seluruh sekolah dan menjaga protokol kesehatan sebagaimana yang dipesankan oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Siswanta.

“Program ini penting untuk mewujudkan perpustakaan sekolah sesuai dengan standar dan mempersiapkan sekolah mengikuti akreditasi perpustakaan tetapi harus mematuhi protokol kesehatan khususnya jaga jarak. Jangan sampai banyak personil tetapi dibagi/ dibentuk tim,” terang Kadis Perpustakaan.

Untuk kelancaran pelaksanaan program, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Muhammad Amran Kudus telah membagi jadwal kepada seluruh tim yang bertugas.

“Untuk memaksimalkan kegiatan sentuh Pustaka tahun ini telah dibagi 6 Tim yang masing-masing tim berjumlah 4 orang dari unsur internal kemudian ditambah unsur ekternal yang jumlahnya terbatas dan menyesuaikan sesuai kuota yang disediakan. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya semua terjun langsung disetiap sekolah karena pandemi harus dibagi untuk mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sentuh Pustaka mengacu pada juknis yang telah dibagikan kesetiap sekolah penerima program. Jadwal kunjungan telah dibuat selama 2 minggu.

Minggu pertama kegiatan tim sebagian besar melakukan penataan ruang/ area perpustakaan sedangkan minggu kedua kegiatannya pemilahan buku bacaan dan buku paket. Beberapa sekolah telah melakukan penataan awal melalui Sentuh Pustaka Mandiri yang dibantu KKP dan KKPS sehingga tim tidak terlalu kesulitan melakukan tugasnya kecuali ada dibeberapa sekolah yang harus diakukan penataan mulai dari 0.

Selain untuk mewujudkan perpustakaan sekolah sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP), kegiatan Sentuh Pustaka juga untuk mempersiapkan 16 sekolah ini mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah.

Sejak tahun 2018 hingga 2019, Dinas Perpustakaan Kota Makassar telah melakukan kegiatan Sentuh Pustaka di 15 Sekolah. 9 Diantaranya telah memperoleh sertifikat Akreditasi A dan B dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional RI.

Sekolah-Sekolah yang telah mengikuti dan merasakan akreditasi melalui wadah KKPS Kota Makassar ikut serta memberikan pendampingan kepada 16 Perpustakaan Sekolah tahun ini.

Sentuh Pustaka juga sebagai upaya mendukung program Perpustakaan Nasional RI untuk mewujudkan penyelenggaraan perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) sebagaimana diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. (*)

ANDA MUNGKIN SUKA

BERITA DAERAH TERBARU

Program Pangkep Hebat, Bidang Kesehatan Resmi Beroperasi

Pangkep,FAJARPENDIDIKAN.co.id- Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan melaunching program unggulan bidang kesehatan, siap jemput, antar, jaga dan peduli (Sijagai), di Lapangan Citra Mas...

Terungkap,Pelaku Pencurian Spesialis Rumah Kosong diamankan Polsek Pitumpanua

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kapolsek Pitumpanua Kompol Jasman bersama Anggota berhasil mengungkap spesialis pencurian rumah kosong diwilayah Kecematan Pitumpanua yang menggegerkan warga,Sabtu(08/05/2021).

Mau Tahu Realisasi Dana Desa di BOSOWA, Cek di Inovasi Ini!

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Sobat Desa di Bone, Soppeng dan Wajo (BOSOWA) tentu ingin tahu penyaluran Dana Desa oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)...

Babak Baru Nasib Stadion Andi Mattalatta-Mattoangin Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Diskusi terbuka tentang Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoangin Makassar bersama Forum Pimpinan Redaksi Sulawesi Selatan (LFPR Sulsel) yang dipimpin ketuanya,...

Cek Petugas Pos Pam dan Pos Yan Ops Ketupat 2021, Kasat Lantas Polres Wajo Beri Semangat

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Selaku Pawas Operasi Ketupat 2021, Kasat Lantas Polres Wajo AKP Hasanang, SH rutin melakukan kontrol pada Posko Pelayanan maupun Posko Pengamanan...

Bupati Wajo Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Tahun 2021 di Mapolres Wajo

Bupati Wajo H. Amran Mahmud, S.Sos. M.Si memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat 2021 yang di ikuti oleh Para Forkopimda...

RAMADAN KEREN

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Masjid At Tabayyun : Manusia Merdeka Iktikaf di Tenda Arafah

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tenda " Arafah" Masjid At Tabayyun di komplek Taman Villa Meruya mendapat kunjungan "Manusia Merdeka " hari Minggu (9/5) pukul...

Canangkan Beasiswa Pendidikan Putra Putri Maros, Polibos Rajut Kerja Sama dengan Bupati Maros

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Direktur Politeknik Bosowa (Polibos) Asrul Hidayat M,T yang didampingi langsung oleh Wakil Direktur I Yoan Elviralita M.T,  Wakil Direktur II...

Operasi Ketupat 2021, Sat Sabhara Polres Wajo Melakukan Pengamanan Serta Penyekatan Arus Mudik

Sengkang, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sat Sabhara Polres Wajo melakasanakan Pam dan pengaturan lalulintas dari arah Kabupaten Bone Sulawesi Selatan untuk dilakukan pemeriksaan serta...

Pekerja Bangunan Ditemukan Tak Bernyawa di Tempat Kerjanya

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Seorang pekerja bangunan bernama Husen Bin Johan (46), ditemukan tak bernyawa di tempat kerjanya, di Jln. Bau Baharuddin, Kelurahan...

La Liga : Sevilla vs Real Madrid Berakhir Seri

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Laga pekan ini, Sevilla vs Real Madrid berkahir seri, pada pertandingan kali ini, real madrid mengejar puncak klasemen namun tertahan oleh...

REKOMENDASI