Friday, July 3, 2020

FLP Unismuh Gelar Sekolah Menulis dengan Materi PUEBI

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Kegiatan literasi berupa TOWR (Training of Writing and Recruitment) kembali diadakan. Kini FLP (Forum Lingkar Pena) Ranting Unismuh Makassar yang mengadakan Sekolah Menulis dengan materi PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) yang bertempat di Gedung Iqra’ B Lantai 2 Unismuh Makassar, Minggu, 21 April 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tetta Sally, Ketua FLP Makassar serta Suhring, Sekretaris FLP Makassar.

FLP Unismuh juga menghadirkan seorang editor serta pimpinan redaksi CV MIB Indonesia, Aurora Rahmah sebagai pemateri PUEBI.

“PUEBI merupakan salah satu yang menjadi penilaian utama dalam lomba-lomba kepenulisan nasional. Karenanya, kita harus mengetahui ilmu utama ini,” papar Rahmah, salah satu penggagas Komunitas Pecandu Aksara (PA).

“Yang paling sering saya temukan kesalahan PUEBI saat mengedit naskah yaitu
partikel pun, memang di EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) semua partikel pun bersambung dengan kata yang mendahuluinya, sedang untuk PUEBI 2015 partikel pun ditulis terpisah dari kata yang mendahuluinya, kecuali partikel pun yang merupakan unsur kata penghubung ditulis serangkai, contoh: meskipun, walaupun,” tambah Aurora, Editor MIB Indonesia.

Lanjut Aurora, dalam PUEBI 2015 Kata depan: di, ke, dari, bertemu dengan kata yang menunjukkan keterangan waktu dan tempat itu di pisah, contoh: di tahun 2015, dari sekolah, ke rumah.

“Terdapat kata yang baru dalam dari EYD ke PUEBI,
sekedar, sekarang, sekadar.
Pete-pete itu kata yang sudah baku, coba cari di KBBI V sudah ada,” ungkap Pimpinan Redaksi MIB Indonesia.

Penggagas Komunitas PA, Rahmah menyarankan, “Jika ingin mengusai PUEBI, rajin-rajin membaca buku-buku ilmiah, sebab PUEBI banyak diterapkan dalam buku-buku tersebut. Jangan lupa untuk mengakses terus KBBI Daring, karena kita bukan penghapal kamus,” tutur Aurora Rahmah dengan senyum.

Kegiatan Sekmen (Sekolah Menulis) ini merupakan program kerja FLP Ranting Unismuh yang wajib dihadiri oleh para anggota baru.

Sekmen ini akan berlangsung selama 12 pertemuan dengan materi yang berbeda-beda. Tujuannya untuk menambah wawasan mengenai literasi yang akan diakhiri dengan menerbitkan karya bersama nantinya.

“Selama ini, EYD yang sering menjadi sandaran kita dalam membuat karya ternyata telah diperbaharui menjadi PUEBI. Melalui Sekmen kemarin, kita dapat membedakan antara EYD dan PUEBI,” kata peserta kegiatan, Hilyatul Janna dari jurusan Manajemen.

Penulis/Citizen Jurnalistik: Mutiaraa Zah (Anggota FLP Unismuh)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Hadapi New Normal, Yon C Pelopor Gelar Senam Bersama Tangguh

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Setelah sekian lama tidak menggelar senam bersama di Mako Batalyon C Pelopor akibat pandemi Covid 19. Pada hari Jumat(03/07/20)...

Dongkelor Kisah Kerja Sama Bersama Kak Heru, Kak Sri dan Momo

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sobat Perpustakaan, Sabtu besok (04/07) Dongkelor untuk episode 10 akan berkisah tentang pentingnya kita bekerjasama bukan kerja sendiri-sendiri, apalagi...

Pengangkatan Kepala Perpustakaan Sekolah Wajib Sesuai Standar Nasional

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Keberadaan Perpustakaan Sekolah sebagai bagian integral dari kegiatan di sekolah merupakan salah satu pusat sumber belajar siswa dan warga...

368 Peserta Ikuti Webinar SMA Islam Athirah 1 Makassar

FAJARPENDIDIKAN.co.id - SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar webinar pendidikan pada Kamis (2/7/2020). Kegiatan tersebut mengangkat tema “Memilih Sekolah Terbaik di Masa...

Segera Hadir Program Talkshow Online Bersama Duta Baca Pelajar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Ditengah pandemi Covid-19 menyebabkan seluruh aktivitas kegiatan pembinaan kegemaran membaca termasuk kiprah para Duta Baca Pelajar Kota Makassar yang...

REKOMENDASI