Halal Bihalal KKB Sulapa Eppae Pererat Tali Persaudaraan

FAJAR Pendidikan

Kerukunan Keluarga Besar (KKB) Sulapa Eppae menggelar Halal Bihalal setalah Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang berpusat di Hall Andi Pangeran Pettarani Kampus UNM, Jalan Pendidikan, Makassar, Senin (16/5/2022).

Acara ini dihadiri oleh ratusan pengurus dan keluarga besar Sulapa Eppae yang merupakan rumpun suku Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Bahkan, dirangkaikan dengan berbagai kegiatan di dalamnya.

Salah satu rangkaiannya adalah simposium atau pemaparan materi terkait Penerapan sanitasi lingkungan rumah panggung pada masyarakat rawan banjir yang dipaparkan oleh Wakil Ketua III KKB Sulapa Eppae, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani. A Rauf, MT,., IPU.

Dirinya meyampaikan bahwa sangat penting untuk menerapkan sanitasi lingkungan di wilayah yang rawan banjir namun masyarakatnya bermukim dengan menggunakan rumah panggung atau rumah kayu.

BACA JUGA :   LPM Penalaran UNM Adakan Pelatihan Mentor Untuk Persiapan PMP-OMK XXV Tahun 2022

“Jadi unsur yang paling penting adalah air bersih karena merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam kelangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya,” paparnya.

Karena menurut Ketua LP2M Universitas Negeri Makassar (UNM) ini, daerah yang rawan banjir pada lingkungan rumah panggung beresiko terhadap timbulnya berbagai penyakit, terutama penyakit berbasis lingkungan seperti diare.

Sementara itu, Ketua Umum KKB Sulapa Eppae, Prof. Dr. H. A. Musafir. Pabbabari, M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat bersyukur karena rumpun Keluarga Besar Sulapa Eppae dari berbagai suku di Sulawesi Selatan bisa berkumpul.

“Alhamdulillah, kita semua masih diberika kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul dan bersilaturahmi lagi setelah lebaran Idul Fitri. Kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan. Kita ingin tali persaudaraan harus tetap terjalin,” ujar Musafir Pabbabari.

BACA JUGA :   Kronologi Kasus Bunuh Diri Mahasiswi UKI Toraja di Gedung Graha Pena Lt 6

Dia juga menyebutkan, kegiatan halal bihalal ini dilakukan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi agar keluarga-keluarga dari empat rumpun yang ada di Sulawesi Selatan dan yang tidak kenal agar bisa saling mengenal satu sama lain.

Kemudian kegiatan di sesi akhir kegiatan Halal Bihalal tersebut juga menghadirkan AKBP (Pol) dr. H. Fajar Amansyah, sp.PD, FINASIM untuk membawakan ceramah dengan tema “Makna Halal Bihalal 1443 Hijriah di Era Milenial”

Setelah itu, Ketua Umum KKB Sulapa Eppae memberikan cindera mata kepada para pemateri, serta mengundang seluruh hadirin yang hadiri untuk naik ke atas berjabat tangan sebagai tanda mempererat tali persaudaraan, dan dilanjutkan dengan berfoto bersama.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI