Harga dan Spesifikasi Yamaha Grande Tahun 2023 Saingi Scoopy

Yamaha Grande yang bakal rilis di Indonesia tahun 2023 yang diperkirakan bakal saingi scoopy, bergaya stylish retru baru yang diberi nama Yamaha Grande 125 Hybrid.

Sebelumnya telah rilis di Vietnam, skutik ini heboh di Indonesia, alasannya karena beberapa waktu lalu sempat muncul spyshotsnya di tanah air, tapi malah rilisnya duluan di negara tetangga Vietnam.

- Advertisement -

Penasaran dengan saudara Yamaha Fazzio ini? Yuk kita bahas lebih detail.

- Advertisement -

Yamaha Grande adalah kembaran Yamaha Grand Filano yang hadir di Thailand dan juga sempat dijual di Indonesia beberapa tahun lalu.

Skutik bergaya classic dan stylish ini punya desain baru yang lebih fresh tapi mempertahankan garis desain skutik retro dengan desain serba bulat.

Motor skutik Yamaha ini punya beberapa keunikan, diantaranya lubang pengisan bahan bakar yang berada di depan, mirip seperti Yamaha FreeGo di Indonesia, secara keseluruhan skutik ini memiliki aura skutik Italia, seperti Vespa, dll. Dengan body belakang membulat, tapi dengan sentuhan detailing yang terlihat klasik dan unik dan kaki-kaki kecil tapak lebar dengan ukuran velg 12 inch.

Tapi sebagai pembeda dengan versi sebelumnya, Yamaha Grande versi terbaru ini mendapat beberapa sentuhan baru diantaranya lampu depan LED yang terlihat elegan, kemudian body depannya terlihat simple dengan lampu sein LED yang lebih kecil sehingga tampak futuristik, juga beberapa tambahan fitur yang modern.

Fitur Yamaha Grande Hybrid 2023

Sebut saja, panel speedometer kombinasi dua model digital, ini menjadi skutik pertama Yamaha yang menggunakan model speedo TFT warna dan digabung dengan speedo digital biasa, kemudian terdapat USB, smartkey system atau kunci kontak pakai remote, bagasi luas dengan penerang lampu LED didalamnya dan yang menjadi keunggulannya punya fitur Y-Connect yang bisa terkoneksi dengan aplikasi di smartphone.

Tak hanya itu, dari sektor mesin pun pastinya menjadi yang terbaik di kelasnya, sama seperti Yamaha Fazzio di Indonesia, Yamaha Grande ini mengusung mesin 125cc Bluecore Hybrid bertenaga 6.1 kW(8.3PS)/6.500 rpm dan torsi maksimum diangka 10,4 Nm (1,1 kgf.m)/5000 rpm, pihak Yamaha Vietnam mengklaim jika motor ini lebih irit karena bisa menempuh jarak 100 km hanya dengan mengkonsumen 1,66 liter BBM saja. Untuk lebih detailnya lihat dibawah ini :

SPESIFIKASI Yamaha GRANDE 125 Hybrid 2023

Jenis Blue Core Hybrid, berpendingin udara, 4-tak, 2-katup, silinder tunggal
Kubikasi mesin (CC) 125 cc
Diameter dan langkah piston 52,4 x 57,9 mm
Rasio kompresi 11.0 : 1
Power maksimum 6.1 kW(8.3PS)/6.500 rpm
Torsi maksimum 10,4 Nm (1,1 kgf.m)/5000 rpm
Sistem starter Electric
Sistem pelumasan pelumas
Kapasitas oli mesin 0,84 L
Kapasitas tangki bensin 4.0 LEBIH
Konsumsi bahan bakar (l/100km) 1.66
Sistem pengapian TCI (digital)
Sistem kopling Kering
Rasio transmisi 2.216-0.748 :1
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 1820mm x 684mm x 1155mm
Ground clearance 127mm
Berat basah 101 kg
Jenis Frame Underbone
Deviasi sumbu kemudi 26,7 derajat
Rem depan Rem cakram hidrolik tunggal, ABS
Rem belakang Rem tromol
Ban depan 110/70-12 47L (MAXXIS-M6219Y)
Ban belakang 110/70-12 47L (MAXXIS-M6220)

 

Terakhir, harga Yamaha Grande 125 MY 2023 ini pihak Yamaha Vietnam menjualnya dalam 3 tipe diantaranya Standard version, Premium version, dan Limited version dengan harga termurah dibanderol VND. 45,9 Juta Dong atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 26 jutaan dan termahal adalah varian limited edition dengan warna-warna retro yang dibanderol VND. 50.9 Juta Dong atau setara Rp. 32 jutaan rupiah.

Nah, jika dulu spyshotsnya sempat muncul di Indonesia, ada indikasi jika motor ini juga akan segera menyusul rilis di Indonesia. Cuma, nantinya akan diposisikan dimana ya?

Apakah berada di atas Fazzio di segmen Classy Yamaha, cuma herannya kenapa malah pakai mesin 125cc ya? Seandainya pakai mesin 155 VVA, waduh itu sih pastinya akan sangat menarik, karena akan berhadapan langsung dengan segmen Vesmet atau skutik-skutik classic premium impor lainnya, apalagi Yamaha punya positioning harga yang selalu terjangkau, pasti ditunggu banget konsumen, jadi kita tunggu saja kejutannya.

Sebagian artikel sumber dari Warungasepnet.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: