Sabtu, Oktober 23, 2021

Ingin Bersuara Merdu? Ini Cara Mudah Melatih Vokal Dalam Bernyanyi

spot_imgspot_img

FAJARPENDIDIKAN.co.id­- Bernyanyi merupakan salah satu kegemaran bagi seseorang yang sangat ingin di miliki oleh semua orang. Siapa yang tidak mau memiliki suara yang bagus? pasti semua orang ingin. Berbagai cara dilakukan agar bisa mengolah suara menjadi lebih baik seperti pemanasan sebelum bernyanyi dan lain sebagainya. Ya, suara juga perlu untuk dilatih dan dibentuk. Tentunya agar suara menjadi lebih merdu.

Berlatih vokal tidak harus bersama pelatih, akan tetapi bisa kita lakukan sendiri dimanapun itu. Baik di rumah, tempat latihan, di belakang panggung, dan lain sebagainya.

Dilansir dari Merdekacom, (25/08/2021) 6 cara mengolah dan melatih suara agar menjadi lebih merdu sebagai berikut:

1. Berlatih dengan metode pernafasan

Tahukah kalian, mengubah irama dan panjang napas mampu meningkatkan kemampuan mengatur napas. Pastikan juga kalian dapat merasakan udara mengalir masuk ke dalam paru-paru. Khususnya saat kalian tengah menarik napas dalam-dalam.

Mulailah berlatih dengan mengambil nafas pendek secara berulang. Selain itu, kalian juga bisa berlatih dengan napas cepat selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu kalian bisa berlatih bernapas sedikit lebih panjang dengan irama lambat. Seperti sebelumnya, lakukan hal tersebut selama sekitar 30 detik. Kemudian akhiri latihan kalian dengan bernapas dalam-dalam secara tenang dan teratur selama 30 detik.

2. Lakukan Lip Trill

Lip trill ini adalah salah satu metode melatih vokal dengan cara menggetarkan bibir. Ini bertujuan agar suara yang di hasilkan nantinya tidak menjadi cempreng. Karena faktanya,  pita suara yang terlalu sering digunakan untuk berbicara atau bernyanyi justru bisa rusak.

Jika sudah rusak, biasanya suara yang dikeluarkan akan cempreng. Untuk itu, alih-alih mengeluarkan suara rendah yang parau atau kasar dari tenggorokan bagian bawah, lebih baik belajar produksi suara dari bagian depan rongga mulut. Cara melakukan lip trill memang gampang-gampang susah. Pertama tarik napas panjang sembari rapatkan bibir, lalu lakukan lip trill.

Caranya dengan mengalirkan udara melalui celah bibir hingga bibir bergetar dengan cepat. Jika sudah bisa, kalian bisa melakukan lip trill sembari bernyanyi semua nada naik turun sesuai rentang vokal. Kalian juga diperbolehkan bersenandung jika kesulitan melakukan lip trill. Cara ini berguna untuk memindahkan sumber suara dari tenggorokan ke mulut.

Cara melatih vokal dan pernapasan selanjutnya adalah bernyanyi sesuai dengan tangga nada. Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi tiap not dengan nada yang tepat. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan menyanyikan tangga nada naik turun dengan iringan piano.

Mulailah dengan berlatih menyembunyikan tangga nada mayor kunci C sembari menyanyikan ‘do, re, mi, fa, sol, la, si, do’. Kemudian turun lagi ke ‘do’ dan lakukan secara berulang dengan nada dasar yang semakin tinggi. Menyanyikan tangga nada seperti itu akan membuat telinga kita berlatih mendengar dan menyesuaikan nada dasar.

Terakhir buatlah program latihan pemanasan vokal dan pernapasan yang praktis. Jika memungkinkan, kalian bisa meminta tolong pada pelatih vokal untuk membuat program latihan khusus. Kalian sebenarnya juga dibolehkan menyusun sendiri latihan pemanasan selama 10-15 menit dengan gerakan ringan dan nyaman. Lakukan latihan pemanasan vokal dan pernapasan seperti yang telah dijelaskan di atas.(YUS)

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI