Minggu, Oktober 17, 2021

Ingin Khatam Al Quran Selama Ramadan? Lakukan 7 Cara Ini

spot_imgspot_img

Di bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan ini, semua orang berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan berbagai amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah salah satunya dengan mengkhatamkan Al Quran.

Mayoritas umat muslim yang tengah berpuasa memanfaatkan momentum bulan suci ini, juga Nuzulul Qur’an. Kegiatan seperti tadarus dilakukan agar bisa mengkhatam 30 juz. Tapi jangankan mengkhatam Al Quran berkali-kali, mengkhatam 30 juz satu kali saja butuh niat serta usaha yang besar.

Nah kira-kira bagaimana ya caranya agar bisa mengkhatam 30 juz selama bulan Ramadhan?

1. Selaraskan target dengan kemampuanmu

Image: ariefrahmansains

Untuk bisa membaca Al Quran tentu kamu harus memahami dulu ilmu tajwid dan bagaimana bacaan-bacaannya. Jangan cuma asal baca saja yang penting khatam, kamu haru benar-benar memahaminya.

Untuk membaca Al Quran pun harus diseimbangkan dengan kemampuanmu. Jika kemampuan membacamu tergolong standar kamu bisa membaca Al Quran 2 lembar dalam 5-7 menit saja. Tapi, kalau semisal bacaanmu masih terbata-bata, mungkin kamu masih membutuhkan waktu yang lama. Jika merasa kemampuan membacamu belum sempurna, maka tak perlu memasang target untuk mengkhatamnya. Yang terpenting adalah bacalah Al Quran dengan benar dan perhatikanlah tajwidnya.

2. Beli Al Quran kecil yang bisa dibawa kemana-mana

Karena memiliki kesibukan yang cukup padat di luar rumah, maka cara terbaik agar bisa mengkhatam Al Quran adalah dengan membawanya kemanapun. Ribet? Pakai Al Quran kecil. Belilah yang berukuran 9 x 6 cm. Nggak berat, nggak ribet dan yang terpenting hurufnya masih bisa terbaca oleh mata. Kamu pun bisa membacanya ketika waktumu telah luang.

3. Al Quran itu memiliki 600 halaman, maka bacalah 2 lembar setiap usai sholat

Image: Zawaj

600  halaman : 30 hari = 20 halaman/hari

20 halaman : 5 (waktu sholat fardhu) = 4 halaman (2 lembar)

Nah 2 lembar itu kamu hanya perlu membaca 5-7 menit saja lho.

Satu juz Al Quran versi Madinah Rasm Utsmany terdiri dari 20 halaman yang artinya keseluruhan berjumlah 600 halaman karena dalam Al Quran terdapat 30 juz. Jika bulan Ramadhan berlangsung selama 30 hari, maka kamu bisa mengkhatamnya. Alhamdulillah juga sholat terdiri dari 5 waktu, 20 halaman dibagi 5 sama dengan 4 halaman atau 2 lembar. Jadi kalau bisa membaca 2 lembar usai shalat fardhu, tentunya kamu bisa khatam. Mudah ‘kan?

4. Baca Al Quran diantara adzan dan iqamah juga bisa dicoba

Baca Quran itu nggak melulu selesai shalat lho Shopbackers. Kamu juga bisa membacanya sebelum shalat yaitu antara adzan dan iqamah. Selain itu, ini juga bisa membantumu untuk shalat tepat waktu. Jadi ada alasan nggak menunda-nunda shalat.

Daripada mikirin hal yang nggak jelas, bacalah Al Quran yang akan bisa membantumu mengendalikan hawa nafsu. Akan lebih baik kalau kamu juga membaca tafsirnya agar kamu pun bisa mempelajari maknanya dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

5. 1 juz langsung tiap hari

Kalau merasa agak kerepotan membaca Al Quran tiap usai shalat karena kesibukan atau karena merasa memang sudah jago maka baca saja langsung 1 juz. Sediakan waktu sekitar 30 menit tiap harinya untuk menyelesaikan 1 juz.

Manfaatkan waktumu yang benar-benar kosong untuk menyelesaikannya.

6. Khusus Wanita

Kalau kamu seorang wanita maka penting buat kamu mengetahui ini. kamu haru bisa menghitung berapa lama kamu menstruasi agar saat belum menstruasi, kamu bisa menabung beberapa juz. Triknya, luangkan waktu khusus menabung juz Al Quran sejumlah hari yang sekiranya akan kamu tinggalkan selama menstruasi.

7.

Japanese Muslims

Biasanya nih awal-awal puasa umat muslim masih semangat-semangatnya melakukan kebaikan dan mengendur di tengah lalu kembali semangat di akhir Ramadhan. Nah untuk bisa mengkhatam Al Quran dengan baik, manfaatkanlah waktu di awal-awal puasa. Menabunglah sebanyak mungkin di hari-hari awal tersebut.

Udah tahu triknya kan sekarang? Maka jangan malas mengkhatam ya!

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI