Ini Nama-Nama Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi

FAJAR Pendidikan

Nama kabupaten kota di Jambi. Provinsi Jambi adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang berdiri pada tanggal 6 Januari 1957. Secara Astronomis, Provinsi Jambi terletak di antara 0,45° – 2,45° Lintang Selatan dan antara 101,10° – 104,55° Bujur Timur.

Suku bangsa yang mendiami Provinsi Jambi adalah Melayu, Suku Anak Dalam, Kubu, dan Kerinci.

Mayoritas penduduknya adalah beragama islam. Luas wilayah Provinsi Jambi adalah 50.160,05 kilometer persegi. Batas-batas wilayah Provinsi Jambi adalah:

  • Sebelah utara: Provinsi Riau
  • Sebelah selatan: Provinsi Sumatera Selatan
  • Sebelah barat: Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Barat
  • Sebelah timur: Selat Berhala

Nama Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi

Dilansir dari situs resmi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, ada 2 kota dan 9 kabupaten di Provinsi Jambi. Mereka adalah:

  • Kota Jambi
  • Kota Sungai Penuh
  • Kabupaten Kerinci
  • Kabupaten Merangin
  • Kabupaten Sarolangun
  • Kabupaten Batanghari
  • Kabupaten Muaro Jambi
  • Kabupaten Tanjung Jabung Timur
  • Kabupaten Tanjung Jabung Barat
  • Kabupaten Tebo
  • Kabupaten Bungo

Kabupaten Muaro Jambi

Kabupaten Muaro Jambi merupakan pemekaran dari Kabupaten Batanghari. Kabupaten dengan luas wilayah 5.246 kilometer persegi ini terdapat peninggalan sejarah terluas se-Asia Tenggara yaitu Candi Muaro Jambi. Kabupaten Muaro Jambi berdiri pada tanggal 12 Oktober 1999 dengan motto “Sailun Salimbai”.

Kota Jambi

Jambi adalah ibukota dari Provinsi Jambi yang memiliki motto “Tanah Pilih Pusako Betuah”. Kota yang memiliki luas 205,43 kilometer persegi ini dibelah oleh sungai terpanjang di Pulau Sumatera, yaitu Sungai Batanghari.

BACA JUGA :   Fungsi Usus Halus Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Kedua wilayah yang dipisahkan sungai tersebut dihubungkan oleh jembatan aur duri. Kota Jambi merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 28 Mei.

Kabupaten Sarolangun

Kabupaten Sarolangun berdiri pada tanggal 12 Oktober 1999. Kabupaten dengan luas wilayah 6.174 kilometer persegi ini memiliki motto “Sepucuk Adat Serumpun Pseko”.

Kabupaten Batanghari

Kabupaten Batanghari merupakan kabupaten tertua di Provinsi Jambi yang berdiri pada tanggal 1 Desember 1948. Ibukota Kabupaten Batanghari berada di Kecamatan Bulian. Kabupaten dengan luas wilayah 5.804 kilometer persegi ini, memiliki motto “Serentak Bak Regam”.

Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Kabupaten Tanjung Jabung Timur beribukota di Muaro Sabak. Tanjung Jabung Timur berada di bagian paling timur Provinsi Jambi dengan luas wilayah 5.445 kilometer persegi.

Kabupaten Tanjung Jabung Timur berdiri pada tanggal 21 Oktober 1999 dengan motto “Sepucuk Nipah Serumpun Nibung”.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Kabupaten Tanjung Jabung Barat berdiri pada tanggal 10 Agustus 1965. Kabupaten Tanjung Jabung Barat beribukota di Kuala Tungkal.

Kabupaten dengan luas wilayah 5.009,82 kilometer persegi ini memiliki motto “Serengkuh Dayung Serentak ke Tujuan”.

BACA JUGA :   Latihan Yuk! Contoh Soal ANBK SMA 2022 dan Jawaban

Kabupaten Tebo

Kabupaten Tebo merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bungo Tebo yang berdiri pada tanggal 12 Oktober 1999. Kabupaten yang memiliki motto “Seentak Galah Serengkuh Dayung” ini memiliki luas wilayah 6.461 kilometer persegi.

Kabupaten Bungo

Kabupaten Bungo berdiri pada tanggal 12 Oktober 1999 sebagai hasil dari pemekaran Kabupaten Bungo Tebo. Kabupaten dengan luas wilayah 4.659 kilometer persegi ini memiliki motto  “Langkah Serentak Limbai Seayun”.

Kota Sungai Penuh

Kota Sungai Penuh merupakan pemekaran dari kabupaten Kerinci. Kota dengan motto “Sahalun Suhak Salatuh Bdei” berdiri pada tanggal 8 Oktober 2009. Luas wilayah Kota Sungai Penuh adalah 391,5 kilometer persegi.

Kabupaten Kerinci

Kabupaten Kerinci dikenal sebagai daerah wisata dengan hamparan perkebunan teh terluas dan tertinggi kedua di dunia. Di Kabupaten Kerinci juga terdapat Gunung Kerinci yaitu Gunung berapi tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kabupaten dengan luas wilayah 3.355,27 kilometer persegi ini berdiri pada tanggal 10 November 1958. Motto Kabupaten Kerinci adalah “Sakti Alam Kerinci”.

Kabupaten Merangin

Kabupaten Merangin adalah kabupaten terluas di Provinsi Jambi dengan luas wilayah 7.679 kilometer persegi.

Kabupaten dengan Ibukota Kecamatan Bangko ini memiliki Motto “Tali Undang Tambang Teliti”. Kabupaten Merangin berdiri pada tanggal 22 Desember 1949.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI