Inilah 10 Daftar Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Hidup hingga Kini

Di dunia ini terdapat beragam jenis hewan, mulai dari mamalia, serangga, hingga ikan. Di antara mereka, beberapa hewan mendapatkan predikat sebagai hewan terbesar di dunia. Tidak main-main, beberapa hewan ini memiliki ukuran yang luar biasa besar dan berat yang mencengangkan. Bahkan, ada hewan yang beratnya bisa lebih dari 100 ton. Luar biasa!

Lantas, apa saja hewan terbesar di dunia yang masih hidup hingga sekarang? Mari kita simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Berikut adalah daftar 10 hewan terbesar di dunia berdasarkan ukuran dan berat:

- Iklan -
  1. Paus Biru (Balaenoptera musculus)
    • Paus biru adalah hewan terbesar di dunia, dengan panjang mencapai 30 meter dan berat hingga 180 ton. Mereka ditemukan di hampir semua lautan di dunia.
  2. Gajah Afrika (Loxodonta africana)
    • Gajah Afrika adalah hewan darat terbesar, dengan tinggi hingga 4 meter dan berat sekitar 6 hingga 7 ton. Mereka hidup di berbagai habitat di Afrika.
  3. Paus Sirip (Balaenoptera physalus)
    • Paus sirip adalah paus terbesar kedua setelah paus biru, dengan panjang mencapai 25 meter dan berat hingga 80 ton. Mereka ditemukan di lautan seluruh dunia.
  4. Paus Sperma (Physeter macrocephalus)
    • Paus sperma adalah paus bergigi terbesar, dengan panjang mencapai 20 meter dan berat hingga 57 ton. Mereka ditemukan di lautan tropis dan subtropis di seluruh dunia.
  5. Hiu Paus (Rhincodon typus)
    • Hiu paus adalah ikan terbesar di dunia, dengan panjang mencapai 12 meter dan berat hingga 21 ton. Mereka ditemukan di perairan tropis dan hangat di seluruh dunia.
  6. Gajah Asia (Elephas maximus)
    • Gajah Asia sedikit lebih kecil daripada gajah Afrika, dengan tinggi hingga 3 meter dan berat sekitar 4 hingga 5 ton. Mereka ditemukan di hutan dan padang rumput di Asia.
  7. Giraffe (Giraffa camelopardalis)
    • Giraffe adalah hewan tertinggi di dunia, dengan tinggi mencapai 5,5 meter dan berat sekitar 1 hingga 1,5 ton. Mereka ditemukan di sabana dan padang rumput di Afrika.
  8. Naga Komodo (Varanus komodoensis)
    • Naga Komodo adalah kadal terbesar di dunia, dengan panjang mencapai 3 meter dan berat sekitar 70 hingga 90 kilogram. Mereka ditemukan di pulau-pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Padar di Indonesia.
  9. Beruang Kutub (Ursus maritimus)
    • Beruang kutub adalah salah satu karnivora darat terbesar, dengan panjang mencapai 3 meter dan berat sekitar 600 hingga 800 kilogram. Mereka hidup di wilayah Arktik.
  10. Anakonda Hijau (Eunectes murinus)
    • Anakonda hijau adalah ular terberat dan terbesar berdasarkan massa, dengan panjang mencapai 8 meter dan berat hingga 250 kilogram. Mereka ditemukan di rawa-rawa dan sungai di Amerika Selatan.
Baca Juga:  Mengenal Hedy Lamarr, Sosok Berjasa Terciptanya Teknologi Wifi

Hewan-hewan ini menonjol tidak hanya karena ukuran mereka yang luar biasa, tetapi juga karena peran ekologi penting yang mereka mainkan di habitat masing-masing. Itulah 10 hewan terbesar di dunia.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU