ADV A1

Jenis Bakteri Yang Menguntungkan Manusia Beserta Penjelasannya

FAJAR Pendidikan

Jenis Bakteri Yang Menguntungkan Manusia Beserta Penjelasannya. Bakteri adalah organisme kecil yang sulit dilihat jika tidak menggunakan alat bantu seperti mikroskop.

Selain itu, Bakteri adalah suatu organisme yang memiliki sel tunggal dan tidak termasuk hewan maupun tumbuhan. Mengenai Nama Bakteri Yang Menguntungkan Manusia Beserta Penjelasannya simaklah pembahasannya di bawah ini.

Bakteri Yang Menguntungkan Manusia

Bakteri adalah organisme kecil yang sulit dilihat jika tidak menggunakan alat bantu seperti mikroskop. Selain itu, Bakteri adalah suatu organisme yang memiliki sel tunggal dan tidak termasuk hewan maupun tumbuhan. Bakteri juga dapat hidup secara independen ataupun bisa menjadi parasit dengan berpindah ke suatu tempat dengan cara mengambil manfaat  dan indungnya.

Terdapat bakteri yang menguntungkan manusia dan ada juga bakteri yang merugikan manusia. Bakteri juga tidak selalu merugikan, bisa kita lihat contoh bakteri yang ada di dalam tubuh manusia, bakteri ini berguna dalam menjalankan fungsi-fungsi tubuh, terutama pada bagian pencernaan manusia.

Bentuk Bakteri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu batang (bacilli), spiral (spirilla), dan bola (cocci). Dari ketiga bentuk inilah bakteri-bakteri tercipta dan tersebar didunia ini. Meskipun bakteri hanya memiliki sel tunggal, tetapi Bakteri juga memiliki struktur yang terdiri dari Kapsul, Dinding Sel, Membran Plasma, Sitoplasma, DNA, Ribosom, Flagellum, dan Pili.

BACA JUGA :   Deretan Makanan yang Sehat untuk Pengidap Asam Urat

Bakteri juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, tidak selamanya merugikan seperti yang biasanya manusia asumsikan. Berikut ini peran penting bakteri terhadap keberlangsungan hidup manusia di antaranya :

Penghasil Antibiotik

Bakteri sangat penting dalam menghasilkan antibiotik yang bisa melakukan proses penghambatan terhadap pertumbuhan dan bahkan sanggup mematikan mikroorganisme lain yang ada di sekeliling kita. Antibiotik sendiri adalah suatu unsur senyawa yang dihasilkan oleh beberapa mikroorganisme seperti Streptomyces venezuele yang menghasilkan streptomisin dan Streptomyces aureofaciens yang menghasilkan aureomisin. Senyawa ini sendiri biasanya digunakan dalam bidang kesehatan.

Penghasil Biosida

Biosida adalah pestisida alami yang dihasilkan dari makhluk hidup dan penggunaannya dianggap jauh lebih aman jika dibandingkan dengan pestisida, sebab biosida tidak memiliki efek buruk dan tidak mencemari lingkungan. Bacillus thuringiensis(Bt) adalah bakteri yang paling efektif digunakan untuk menanggulangi hama.

BACA JUGA :   Cara Mempercepat Pemulihan Pascaoperasi, Lakukan Ini!

Pembusuk atau Pengurai

Apabila tidak ada bakteri maka tidak ada yang melakukan penguraian terhadap sampah, baik itu sampah rumah tangga maupun sampah industri akibatnya dunia ini akan dipenuhi oleh sampah organik. Karena salah satu peran penting bakteri terhadap kehidupan manusia yaitu sebagai pembusuk atau pengurai sampah menjadi unsur unsur hara yang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

Nama Nama Bakteri dan Fungsinya

Berikut ini adalah Nama nama bakteri beserta fungsinya, antara lain :

  1. Lactobacillus casei
    Bakteri ini berfungsi dalam pembuatan keju dan yoghurt.
  2. Rhizobium leguminosarum
    Bakteri ini berfungsi untuk mengikat nitrogen dan bersimbiosis dengan akar kacang-kacangan, dan biasanya digunakan dalam pembuatan tempe.
  3. Azotobacter chlorococcum
    Bakteri ini berfungsi mengikat nitrogen dan hidup secara bebas.
  4. Nitrococcus dan Nitromonas
    Bakteri ini berfungsi menyuburkan tanah dengan proses nitrifikasi.
  5. Bacillus polimyxa
    Bakteri ini berfungsi sebagai penghasil antibiotik polimiskin B.
  6. Strepcomyces griceus
    Bakteri ini berfungsi sebagai penghasil antibiotik streptomisin.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI