Selasa, Maret 2, 2021

Kabar Baik, Kadiskominfo Dukung Wifi Gratis di Perpustakaan Kecamatan dan Kelurahan Tunjang Pembelajaran Daring

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dr. Ismail Hajiali berharap kepada jajarannya dan provider dalam hal ini lintasarta untuk memaksimalkan infrastruktur yang telah dimiliki sebanyak 21 tower untuk memberikan pelayanan internet gratis kepada masyarakat salah satunya bisa dinikmati oleh masyarakat yang berkunjung di sarana perpustakaan umum yang ada di kecamatan, kelurahan dan kepulauan.

“21 titik yang ada saat ini mohon dimaksimalkan, kalau ada titik yang tidak maksimal penggunaannya bisa direlokasi ketempat lain seperti bisa melayani perpustakaan juga,” ungkapnya saat memberikan arahan pada rapat pembahasan hasil survey infrastruktur wifi dan penempatan site wifi gratis diskominfo Makassar yang dilaksanakan melalui zoom meeting, Sabtu (23/01). Rapat dipandu oleh Kasi Aplikasi dan Telematika, Dr. Jusman.

Pada kesempatan itu, Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tulus Wulan Juni yang turut diundang diberi kesempatan menyampaikan masukan terkait penempatan akses Wifi di ruang publik.

Sebelumnya ada 12 titik perpustakaan umum kecamatan, kelurahan dan kepulauan yang diusulkan agar bisa mendapatkan akses WiFi karena beberapa anak-anak disaat pandemi covid-19  memanfaatkan perpustakaan untuk belajar daring seperti di Perpustakaan Mangasa-Terminal Malengkeri dan beberapa lokasi perpustakaan lainnya.

“Kasihan kalau menggunakan kuota sendiri atau sinyal Wifinya lemah. Saya berharap kepada Dinas Kominfo jika ada tower untuk WiFi yang dekat dengan Perpustakaan dapat memberikan akses internetnya termasuk perpustakaan yang dekat dengan WiFi kantor kecamatan, kelurahan dan kepulauan,” harap Tulus.

Kadis Kominfo sangat mendukung masukan tersebut agar fasilitas Wifi dapat lebih banyak bermanfaat bagi masyarakat.

Tim dari Dinas Kominfo dan Penyedia Jasa Layanan Internet mulai Minggu (24/01) akan melakukan survey untuk penempatan WiFi gratis sesuai usulan rapat.

Dengan kehadiran WiFi di perpustakaan umum kecamatan, kelurahan dan kepulauan maka diharapkan masyarakat dapat menikmati layanan akses internet gratis di perpustakaan yang disediakan oleh pemerintah dan tentunya dapat membantu akses informasi untuk berbagai kebutuhan masyarakat dan membantu anak-anak yang sedang mengikuti pembelajaran daring di tengah pandemi.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Pentingnya Mengetahui Bencana Ekologis dan Manajemen Resiko Bencana

Makassar, PENDIDIKANFAJAR.co.id- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar webinar virtual bertema, "Literasi Kebencanaan di Indonesia untuk Menangkal Mis-Disinformasi"  dengan menghadirkan,  Prof.Dr.Eng.Adi Maulana, ST.M.Phil....

Bupati Bone Resmikan Jembatan Senilai Rp 2 Miliar

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi meresmikan Jembatan Pekkawae di Desa Mattoanging, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Selasa (2/3/2021).

BAN-PT Visitasi Prodi PPKn Unim Bone Secara Daring

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi secara daring terhadap Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan (PPKn) Universitas Muhammadiyah...

Komunitas Anak Pelangi Gelar Festival Hari Ibu

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Founder Komunitas Anak Pelangi (K-Apel), Rahman Maman Abdurahman Rumadai yang akrab disapa Kak Maman bersama seluruh jajaran pengurus dan anggota...

Sentuh Pustaka Poles Perpustakaan SMPN 24 Makassar Jadi Indah

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Perpustakaan SMP Negeri 24 Makassar yang diberi nama Perpustakaan Carakdek atau istilah yang diambil dari bahasa daerah Makassar yang berarti...

REKOMENDASI