Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 SD Aku Cinta Membaca, ASEAN, Organisasi Regional Asia Tenggara Halaman 163,164

Hallo! Kali ini kita akan membahas tentang kunci jawaban untuk pembelajaran 4, subtema 4, tema 1, khususnya bagi teman-teman kelas 6 SD/MI.

Pembahasan kunci jawaban ini berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018, Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup, Subtema 4 Aku Cinta Membaca.

Untuk pembelajarannya yaitu Pembelajaran 4 yang mulai dari halaman 163 sampai 164.

- Iklan -

Kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu adik-adik dalam mempelajari Tema 1. Bagi orang tua dan guru juga berguna untuk mengoreksi jawaban siswa.

ASEAN, Organisasi Regional Asia Tenggara

ASEAN merupakan sebuah organisasi internasional menjadi tempat bernaung negara-negara yang terletak di wilayah Asia Tenggara. Deklarasi Bangkok merupakan landasan kesepakatan untuk mengadakan kerja sama regional dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya di kawasan Asia Tenggara. Deklarasi Bangkok ini ditandatangani pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh lima utusan negara yang menjadi pendiri ASEAN, yaitu:

  1. Adam Malik- Menteri Luar Negeri Indonesia
  2. Tun Abdul Razak – Wakil Perdana Menteri Malaysia
  3. Narciso Ramos – Menteri Luar Negeri Filipina
  4. S. Rajaratnam – Menteri Luar Negeri Singapura
  5. Thanat Khoman – Menteri Luar Negeri Thailand
Baca Juga:  Nama-Nama Planet: Urutan, dan Fakta Menarik Lainnya

Seperti yang dinyatakan dalam Deklarasi Bangkok, yang selanjutnya juga disebut sebagai Deklarasi ASEAN, tujuan didirikannya organisasi ini adalah:

- Iklan -
  1. Mempercepat pertumbuhan, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  2. Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
  3. Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi.
  4. Saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.
  5. Bekerja sama lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditas internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.
  6. Meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara.
  7. Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.
Baca Juga:  Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Karakteristik dan Contohnya

Dalam menjaga hubungan antaranggota, ASEAN berpegang pada prinsipprinsip dasar yang tertuang dalam Treaty of Amity of Cooperation in Southeast Asia (TAC) yang telah disepakati sebelumnya, pada tanggal 24 Februari 1976, sebagai berikut.

1. Saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, persamaan, integritas wilayah, dan identitas nasional segala bangsa.

2. Hak setiap negara untuk memimpin eksistensi negaranya bebas dari campur tangan, subversi, ataupun paksaan dari pihak luar.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU