Mahasiswa KKN Tematik Stunting Unhas Posko 4 Laksanakan Gerakan Penanaman Kelor

FAJAR Pendidikan

Mahasiswa KKN Tematik Stunting Lokus Kabupaten Gowa Posko 4 Desa Panaikang Gelombang 108 Universitas Hasanuddin (Unhas) laksanakan gerakan penanaman kelor, Rabu 17 Agustus 2022.

Kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik Posko 4 Desa Panaikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa dan difasilitasi penuh oleh Kepala Desa Panaikang Ismail G, SE.

“Adapun sasaran dari penanaman kelor ini ialah keluarga dengan balita yang mengalami kondisi stunting,” ujar Laela Alfionita Dewi.

“Tujuan dari penanaman kelor ialah membantu menyediakan sumber asupan gizi yang baik pada tingkat rumah tangga,” lanjut Laela Alfionita Dewi.

Muhammad Rachmat selaku dosen pembimbing KKN Tematik Stunting menjelaskan tentang beragam kandungan kelor.

BACA JUGA :   Fakultas Vokasi Unhas Teken Perjanjian Kerja Sama dengan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya

“Kelor diyakini mengandung banyak zat gizi seperti protein, zat besi, magnesium, tembaga, serat, kalsium, dan beragam vitamin A,” jelas Muhammad Rachmat.

“Kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi masalah kekurangan gizi, khususnya pencegahan anemia pada ibu hamil dan remaja putri,” tutup Muhammad Rachmat yang merupakan dosen di Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM Unhas.

Terdapat 30 pohon kelor yang tertanam pada kegiatan ini. Hal tersebut sesuai dengan jumlah dari sasaran yang ada.

Penanaman kelor diiringi dengan edukasi mengenai manfaatnya. Masyarakat Desa Panaikang sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang PKIP Unhas Ikut Dalam Kegiatan Penyuluhan HIV AIDS dan Pemeriksaan VCT MOBILE

Posko Desa Panaikang terdiri atas enam orang yaitu Ignacia Corina Inosenshia, Laela Alfionita Dewi, Nadya Tri Wulandari, Iftitah Suci Riskia, Nur Asysa, dan Mita Wijaya.

Mereka adalah mahasiswa Universitas Hasanuddin lintas program studi yaitu Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat Peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, dan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan.

Dosen Pembimbing KKN Stunting Lokus Kab. Gowa yaitu Muhammad Rachmat, SKM, MKes, Dr. Citrakesumasari, MKes, SpGK, dan Nasrah, SKM, MKes.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -