Sabtu, Januari 23, 2021

Mahasiswa KKN Unhas Manggala Delapan Edukasi Warga Biring Romang

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – KKN Unhas di Kelurahan Biring Romang mengadakan Webinar Model Ruang Kerja di Era New Normal untuk mencegah Covid-19.

Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Hasanuddin Gelombang 104 di Wilayah Manggala 8 menggelar kegiatan Webinar bertema, “Working in New Normal” dari perspektif Teknik Arsitektur dan Kesehatan.

Kegiatan ini berlangsung melalui aplikasi zoom meeting dan dihadiri oleh 80 Peserta.

Webinar yang berlangsung pada hari Rabu, 29 Juli 2020 turut menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Ir Samsuddin Amin, MT., IAI selaku Koordinator DPK Wilayah Kecamatan Manggala.

Ia membahas mengenai “Workspace Design Make You Comfort to Productive Working in New Normal” dan Andi Wahyuni, SKM., M. Kes selaku Dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas.

Ia membahas mengenai pencegahan covid-19 di tempat kerja.

Webinar ini merupakan program kerja KKN Tematik Unhas Wilayah Manggala 8 sebagai salah satu wujud kepeduliaan terhadap masyarakat yang dituntut untuk beraktivitas pasca pandemi Covid-19.

Koordinator peserta KKN Tematik Unhas Wilayah Manggala 8, Andi Muhammad Athila Farhan, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan edukasi terhadap masyarakat, khususnya di Wilayah Biring Romang.

“Kami berinisiatif untuk mengambil tema mengenai ruang kerja di era new normal, karena kami menyadari bahwa situasi pasca pandemi membuat sebagian besar masyarakat perlu beradaptasi dengan lingkungan kerjanya,” jelas Athila Farhan.

Webinar ini turut dihadiri oleh Kepala Kelurahan Manggala, yaitu Idawati, SE.

Ia turut memberikan apresiasi kepada seluruh Peserta KKN Tematik Manggala 8.

“Kami memberikan apresiasi kepada ananda peserta KKN Manggala 8 atas seluruh program kerja yang diberikan untuk Masyarakat di Kelurahan Biring Romang, mulai dari penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum, kebun hidroponik, pembagian masker serta masih banyak kegiatan lainnya termasuk kegiatan edukasi dalam bentuk Webinar hari ini,” ungkapnya.

Dalam pemaparannya, Koordinator DPK Wilayah Kecamatan Manggala, Ir. Samsuddin Amin, MT., IAI memberikan edukasi terkait pentingnya penciptaan ruang-ruang kerja yang kontributif terhadap upaya peningkatan produktivitas bekerja di era new normal.

Ia memperlihatkan model ruang kerja yang sesuai standar arsitektur, misalnya desain interior dari sebuah ruang kerja yang efisien.

Dalam pemaparan materi kedua, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, A.Wahyuni, SKM,M.Kes memberikan edukasi mengenai upaya mitigasi dan pencegahan Covid-19 di lingkungan kerja sesuai dengan  Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Tempat Kerja Perkantoran Dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.

Peserta diberikan edukasi mengenai pentingnya peran manajemen perusahan melakukan upaya pengendalian risiko paparan covid-19 dengan membentuk tim khusus pengendalian di tempat kerja serta pentingnya pekerja melakukan self-assessment risiko Covid-19, menerapkan physical distancing, PHBS, pemantauan kesehatan pekerja serta waspada komorbid.

Di akhir acara, Koordinator DPK Wilayah Kecamatan Manggala memberikan memberikan apresiasi kepada peserta KKN Tematik Unhas Wilayah Manggala 8 atas program kerja yang sudah terlaksana.(*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Unhas Kembali Salurkan Satu Ton Ayam Palekko dan Telur Untuk Korban Gempa Sulbar

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Fakultas Peternakan bekerjasama dengan PT. Charoen Pokphand kembali menyalurkan donasi berupa satu ton olahan ayam palekko...

Mahasiswa PBL Posko 9 Ujung Tanah FKM Unhas Gelar Penyuluhan Prokes dan Swab Test

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Salah satu rangkaian kegiatan PBL II FKM Unhas yakni melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Aula Kantor Kelurahan Ujung Tanah, Kecamatan...

Usai Dilantik, Ketua OPDIS SD Islam Athirah 2 Makassar Ucapkan Terima Kasih

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - SD Islam Athirah 2 Makassar menggelar pelantikan Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah (OPDIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK)...

SMAN 3 Wajo Raih Segudang Prestasi di Masa Pandemi Covid-19

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Menggantung asa dan pantang menyerah demi prestasi adalah keniscayaan. Inilah sebuah kalimat yang patut diberikan kepada segenap civitas akademi SMA...

Peduli, SMAN 15 Bone Galang Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

Bone, FAJARPRNDIDIKAN.co.id- Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang dilanda bencana, SMAN 15 Bone menggalang bantuan untuk korban gempa Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan...

REKOMENDASI