Mahasiswa PBL III FKM Unhas Lakukan Evaluasi Program Penyuluhan Hipertensi dan Diabetes Melitus

FAJAR Pendidikan

Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) III, Posko 15 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan kegiatan evaluasi terkait Hipertensi dan Diabetes Melitus.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis 30 Juni 2022 di lokasi Desa Barangmamase.

Bentuk evaluasi yang dilakukan terhadap pengetahuan masyarakat tentang penyakit hipertensi dan diabetes melitus adalah dengan melakukan kembali post test dalam bentuk kuesioner benar atau salah yang terdiri dari 5 pertanyaan/pernyataan. Kegiatan evaluasi dengan melakukan Post test.

BACA JUGA :   Rektor Apresiasi UNM Pamerkan Remote Lab dan Virtual Lab di Hakteknas 2022

Setelah itu, dilakukan rekonstruksi program dengan mengganti metode dari yang sebelumnya penyuluhan door to door ke rumah masyarakat menjadi intervensi fisik menggunakan spanduk dan poster.

Sebelum pemasangan spanduk dilakukan pre-test dan sesudah pemasangan spanduk dilakukan post-test.

Hal ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan responden baik sebelum dan sesudah spanduk dipasang.

Lokasi pemasangan spanduk terletak di depan kantor Desa Barangmamase, sedangkan beberapa poster dipasang di semua dusun yang ada di Desa Barangmamase yaitu Dusun Baramamase, Dusun Popoloe, Dusun Kampung Parang, dan Dusun Untia khususnya di tempat masyarakat berkumpul untuk mendapatkan informasi dan posyandu.

BACA JUGA :   Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unifa Gelar Study Tour di Kompleks Wisata Rammang-Rammang

Diharapkan setiap orang yang melewati jalan tersebut dapat dengan mudah membaca, memahami, dan membagikan informasi yang mereka ketahui kepada orang lain untuk seterusnya.

Spanduk itu sendiri berisi informasi tentang pengertian hipertensi dan diabetes melitus, gejala orang yang mengalami hipertensi dan diabetes mellitus, faktor risiko, dan cara mencegah hipertensi dan diabetes melitus.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI