Minuman Yang Menjadi Kebiasaan Orang Saleh di Tahun Baru Hijriah

FAJAR Pendidikan

Ada kebiasaan orang-orang sholeh (Min Da’bis sholihin) di Tahun Baru Hijriah. Meminum susu pada malam 1 Muharram. Kebiasaan ini selalu di amalkan juga Abuya Sayyid Muhammad Bin Alawy Al Maliki. Beliau juga apabila masuk 1 Muharram, membagikan susu kepada santri-santrinya.

Waktunya: Malam 1 Muharram sebelum Shubuh

Fadhilah: TAFA’ULAN (Melakukan sesuatu dengan harapan mirip dengan sesuatu itu) : Tafa’ulan meminta agar sepanjang tahun dijadikan tahun yang putih, tahun yang bersih, tahun melakukan kebaikan-kebaikan. Hal ini selalu di Amalkan oleh Abuya Sayyid Muhammad bin Alawy Al Maliki.

Doa Minum Susu Putih

Ya Allah berikan Barokah pada kami dalam Susu ini dan tambahilah di dalamnya’’. Di dalam Susu terdapat Anugerah yang telah dipersiapkan Allah Ta’ala untuk Umat Rasulullah Saw khususnya untuk anak. Karena Susu menentukan kesempurnaan tumbuhnya Anak.
Oleh sebab itu dalam Do’a ditambah kata وزدنا منه Tambahan Doa ini hanya khusus pada minuman Susu, tidak pada minuman lainnya meskipun Madu.

Susu adalah makanan pokok yang identik dengan Anak. Susu lebih afdhol dari Madu.
Keutamaan Susu ada dalam Kitabullah dan Hadits Rasulullah Saw. FADHILAH SUSU, diantaranya:

  1. Menumbuh kembangkan pertumbuhan Anak.
  2. Susu mencukupi (Mengenyangkan) kebutuhan makan minum Anak.
  3. Susu tidak bikin perut anak mules.
  4. Saat Isra’ Mi’raj, Susu adalah pilihan Rasulullah Saw yakni saat Malaikat Jibril menyuguhkan Khomr dan Susu. Dan Susu adalah tanda Kefitrahan Umat Rasulullah Saw.
BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Minggu 14 Agustus 2022: ”Mulai Sekarang Aku disebut yang Bahagia”

Sunnah minum Susu pun dilakukan oleh Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki dan para awliya’ Allah lainnya. Tidak ada satupun Sunnah Rasul Saw yang di dalamnya tidak mengandung Hikmah. Semuanya ada Fadhilah dan Kebaikannya. “Diantara Amalan TanggaL 1 Muharram”.

Muhammad Zainuddin bin H.AbdurRahman juga mengungkapkan. Ada Beberapa Amalan Ditanggal 1 Muharram Berdasarkan Kitab dan Amalan Para Guru2. Yaitu Minum Susu,Menulis Basmallah dan Menulis 3 Ayat Surah aL-A’rof Serta Membaca Do’a AwwaL dan Akhir Tahun.

1. Minum Susu

Dianjurkan Untuk Kita Semua Minum Susu Ditanggal 1 Muharram.Tafa’uLan Sebagai Meminta Kepada Allah mudah-mudahan Sepanjang Tahun Dijadikan Tahun Yang Putih,Bersih dan Banyak Melakukan Kebaikan.

Waktunya Malam 1 Muharram,Dimulai Ba’da Maghrib(Sesudah Membaca Do’a AwwaL Tahun) Sampai Sebelum Shubuh. Do’a Minum Susu:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَزِدْنَا مِنْهُ

2. Menulis Basmallah

Dijelaskan Didalam Kitab Khazinatul Asror dan Kanzun Nazah WasSurur Bahwasanya Siapa Saja Yang Menulis.

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebanyak 113× Pada Tanggal 1 Muharrom Dikertas,Fadhilatnya Adalah Allah Melindungi Dirinya Dan Keluarganya Dari Bala dan Musibah.

Cara Menulisnya

  1. Menulis Kalimat بسم الله الرحمن الرحيم Diwaktu Awal Muharrom(1 Muharrom)Yaitu Dimulai Sesudah Shalat Maghrib(Sesudah Membaca Do’a Awwal Tahun)dan Berakhir Sebelum Adzan Maghrib Esok Harinya(Malam 2 Muharrom).
  2. Huruf Arabnya Semuanya Jangan Dibarisi (Jangan Diharokati). Jangan Diberi Titik Pada Huruf Yang Bertitik,Huruf Yang Berlobang Harus Dilobangi.
  3. Hal Keadaannya Ia Berwudhu Ketika Menulisnya
  4. Menutup Aurat
  5. Tidak Berbicara Selama Menulis
  6. Sesudah Selesai 113×,Berdo’a dan Bertawasshul Kepada Para Auliya.dan Tulisan Yang Dikertas Itu Kita Simpan Ditempat Yang Aman dan Tidak Dibawah. Perlu Diingat Bahwasanya Tulisan Kalimat Bismillahnya Jangan Sampai Terlihat Oleh Semua Orang dan Binatang.Kalau Bisa Dilipat dan Dibungkus Pakai Penutup.Meletakkannya Jangan Sampai Kena Sinar Matahari.
BACA JUGA :   Khutbah Jumat, 12 Agustus 2022, Singkat Tentang "Setiap Kesulitan Ada Kemudahan"

Alhm.Guru Di SekumpuL(Guru Muhammad Zaini bin AbduL Ghani)Pernah Berkata Didalam Pengajian Beliau DiSekumpuL,,”Kenapa Menulis Bismillahnya Sebanyak 113×??
Jawab Beliau,,Karena Didalam aLQur’an Terdapat 114 Surah.dan 1 Tidak Pakai Bismillah Yaitu Surah AtTaubah.Jadi Semua Surah Yang Pakai Bismillah Sebanyak 113 Didalam aLQur’an.

Menulis 3 Ayat Dari Surah aL-A’rof.

Didalam Kitab Kanzun Nazah WasSurur Dijelaskan Bahwasanya Barang Siapa Yang Menulis 3 Ayat Pada Surah aL-A’rof(Ayat 97-99)Yaitu,

أَفَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَىٰ أَن يَأْتِيَهُم بَأْسُنَا بَيَاتًا وَهُمْ نَائِمُونَ (97) أَوَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَىٰ أَن يَأْتِيَهُم بَأْسُنَا ضُحًى وَهُمْ يَلْعَبُونَ (98) أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ ۚ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ (99)

Fadhilatnya Adalah Rumahnya Akan Terpelihara Dari Hewan Yang Membahayakan.

Caranya adalah:

  1. Tulis 3 Ayat Tadi Dikertas.
  2. Setelah Selesai Menulis,Kertas Tadi Buat Didalam Wadah Yang Berisi Air.
  3. Kemudian Percikkan Air Didalam Wadah Tadi Keseluruh Bagian Rumah dan Diluarnya. (p/wa/ana)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI