Pengurus IKMBM 2023-2024 Dilantik

Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Mahasiswa Bangkep Makassar (IKMBM) periode 2023-2024 digelar di Baruga Anging Mammiri Makassar, Sabtu (2/3).

Sebanyak 48 pengurus dilantik oleh Sesepuh Dewan Senior IKMBM sekaligus anggota DPR terpilih Provinsi Maluku Utara, Serma (Purn) Mislan Syarif, yang disaksikan oleh Pembina Organisasi dan Majelis Pertimbangan Organisasi, Perwakilan Pemerintah Kota Makassar, Andi Engka B Djemma dan Perwakilan Pejabat Kodam XIV/Hasanuddin, Ketua IMA Sulteng, ketua-ketua Organda serta ketua-ketua himpunan mahasiswa yang ada di Makassar.

Usai melantik, Sesepuh Dewan Senior IKMBM sekaligus DPR terpilih Provinsi Maluku Utara, Serma (Purn) Mislan Syarif dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik.

- Iklan -

“Semoga kepercayaan yang diberikan dijalankan dengan amanah, penuh rasa tanggung jawab dan mampu menjaga serta merawat organisasi ini agar dapat dirasakan keberadaannya, semakin besar, solid dan berintegritas kemudian ke depannya dapat menjadi organisasi yang berkontribusi dalam pembangunan daerah,” katanya.

Selain itu, lanjut Serma (Purn) Mislan Syarif mengatakan, keberadaan IKMBM sebagai organisasi pelajar daerah, tentunya mempunyai peran strategis, yaitu berfungsi sebagai wadah pemersatu pelajar daerah, dan juga sebagai pengganti keluarga yang mampu menjaga dan membantu pelajar yang lain selama berada di perantauan.

Baca Juga:  Pengunjung Bantimurung Capai 4412 Orang, Polres Maros Tingkatkan Pengamanan

Mislan Syarif berpesan kepada mahasiswa untuk selalu berkreasi dan berkarya melalui kegiatan yang positif dan produktif.

- Iklan -

“Kami yakin adik-adik belajar sebagai generasi milenial dan generasi Z Kabupaten Banggai Kepulauan adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, kreatif dan tangguh,” jelasnya.

Akan tetapi, selain melakukan pengembangan organisasi, mahasiswa harus fokus kepada arah dan tujuan menuntut ilmu. Karena menuntut ilmu wajib untuk masa depan yang lebih baik.

Sementara itu, Plt Kadispora Makassar, Andi B Djemma dalam sambutannya mengatakan, pentingnya regenerasi kepemimpinan, khususnya di IKMBM dan di Kabupaten Banggai Kepulauan.

- Iklan -

“Generasi muda suatu saat nanti akan mengambil alih kepemimpinan, dan dimulai dari organisasi daerah seperti IKMBM ini,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Puang ini menambahkan, dari pada berdiskusi dan banyak bercerita, lebih baik langsung menunjukkan aksi mendukung perkembangan daerah, walaupun dalam skala yang kecil namun bermanfaat untuk orang lain.

Seperti yang dilakukan saat ini, memberi fasilitas tempat tinggal di sekretariat untuk dijadikan tempat singgah bagi masyarakat Banggai Kepulauan hari ini yang datang Rawat Jalan di Makassar.

“Kami selaku Pemerintah Kota Makassar sangat mendukung dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas hal positif yang kalian sudah lakukan. Ketika amanah diberikan maka jadilah manusia yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Baca Juga:  Kadisdik Sinjai Pimpin Rakor Persiapan Peringatan Hardiknas

Selain itu, Plt Kadispora Makassar menyampaikan tantangan dimasa kini banyaknya kemiskinan, pengangguran, dan kurangnya lapangan pekerjaan, dan tentu pemerintah sudah berupaya untuk mengatasinya. “Kemudian tugas kita yang akan mengawal regulasi yang sudah dibuat.”

“Untuk mengatasi kemiskinan, pengangguran tenaga kerja dan kesempatan kerjanya, regulasi sudah dibuat, tapi siapa yang akan mengawal? Tentu saja kita semua. Mari kita inventarisasi, berapa yang selesai kuliah dan berapa peluang kerja yang ada. Berapa potensi dan berapa populasi perputaran ekonomi di daerah kalian Kabupaten Banggai Kepulauan,” ungkapnya.

Selain itu, Pembina Organisasi, Serda Aprianto Siduan dalam sambutannya mengatakan, “Kita harus menjadi generasi penerus dengan memiliki Sumber Daya Manusia yang mampu bersaing untuk menempuh jalan keberhasilan.”

Oleh karena itu, dirinya mengajak mahasiswa dapat berkontribusi dalam dunia usaha. Ini, kata dia, sesuai arahan Pj Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, beberapa pekan sebelumnya di Rumah Jabatan Bupati Kabupaten Banggai Kepulauan.

“Sumber daya manusia kita masih kurang, oleh karena itu saya mengajak adik-adik semua bisa menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan melihat kondisi daerah kita saat ini,” tutupnya. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU