Sunday, July 5, 2020

Perpustakaan Tangguh SMPN 23 Makassar Siap Ikut Akreditasi Online

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Tenaga Perpustakaan Bagian Layanan Teknis Perpustakaan Tangguh SMP Negeri 23 Makassar, Meilda, S PAK., M Pd. mewakili Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaannya menyatakan kesiapannya untuk mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah secara online dengan dibuktikan menyerahkan dokumen akreditasi (hard copy dan soft copy) kepada Dinas Perpustakaan Makassar, Senin (29/06).

Dokumen diterima langsung oleh Pustakawan Dinas Perpustakaan di ruang pustakawan untuk dikoreksi dan nantinya diteruskan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang selanjutnya disampaikan ke Tim Akreditasi Pusat di Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan SMPN 23 Makassar diberi nama Perpustakaan Tangguh sesuai dengan tagline sekolah.

“TANGGUH adalah akronim dari Tanggung Jawab, Agamis, Nasionalis, Gigih, Gotong Royong, Unggul dan Harmonis,” ungkap Kepala Sekolah.

Untuk menunjang aktivitas kegemaran membaca dan penguatan literasi sekolah, seluruh kelas telah dilengkapi sudut baca yang dikelola oleh masing-masing wali kelas dan siswa yang aktivitasnya dipantau langsung oleh kepala sekolah.

Selain itu, ada juga jadwal khusus ke perpustakaan untuk masing-masing kelas. Perpustakaan sekolah ini telah mempunyai ruang baca dan ruang audio visual yang dapat menampung siswa masing-masing satu kelas dan memiliki fasilitas WiFi serta layanan sirkulasi buku bacaan dan buku paket terpisah. Ada juga teras baca dengan konsep lesehan.

“Sebelum perpustakaan sekolah diberikan pendampingan Sentuh Pustaka terlihat gelap dan tidak nyaman, sekarang sudah luas dan mulai teratur penataan buku-bukunya,” ungkap Meilda.

Selain area baca outdoor yang terletak di depan perpustakaan, titik-titik area baca juga ada termasuk sudut baca di semua kelas.

Perpustakaan SMP Negeri 23 Makassar adalah salah satu sekolah penerima program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Sekolah ini juga terpilih sebagai jawara sekolah model di Sulawesi Selatan sehingga sekolah ini pun harus serius untuk mengembangkan perpustakaan sekolah dengan dukungan program Sentuh Pustaka apalagi statusnya sebagai sekolah model yang tentunya menjadi rujukan dan destinasi berbagai Sekolah di Indonesia.(*)

Video Profil Perpustakaan Tangguh SMP Negeri 23 Makassar dapat dilihat ditautan link berikut ini: https://youtu.be/LkE8l3rTXKY

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Dituding Sebar Hoaks, Humas UIN Akan Laporkan Mahasiswa

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Humas UIN Alauddin Makassar membantah telah menyebarkan hoaks dalam rilis resmi yang beredar terkait pertemuan pimpinan dan lembaga kemahasiswaan, Rabu...

Di Gladak KRI Diponegoro-365, Danguspurla Koarmada II Serahkan Alkes Mabes TNI Kepada Danlantamal VI

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo, M.Tr. (Han), CHRMP., menyerahkan Alat Kesehatan...

Galakkan Operasi Aman Nusa, Yon C Pelopor Kelilingi Pusat Perbelanjaan

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Mengenakan pakaian seragam lengkap dengan senjata, regu Patroli Aman Nusa Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, tampak menyambangi dan...

OPINI : Tidak Sense of Crisis, Cacat Bawaan Pemerintah Kapitalistik

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri membuat kebijakan luar biasa (extraordinary) untuk menangani krisis akibat pandemi Covid-19. Jika para...

Pos TNI AL Torobulu Amankan Puluhan Gas Elpiji 3 Kg Bersubsidi Di Pelabuhan Penyeberangan

Konawe Selatan, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pos TNI AL (Posal) Torobulu jajaran Lanal Kendari berhasil amankan puluhan gas elpiji 3 Kg bersubsidi di Pelabuhan...

REKOMENDASI