Preposition, Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Preposition

Preposition atau yang lebih sering disebut Kata Depan dalam bahasa Indonesia adalah salah satu bagian dari Parts Of Speech. Berikut penjelasan mengenai Pengertian Preposition, Fungsi Preposition, dan Contoh kalimat yang mengandung Preposition.

Pengertian Preposition

Preposisi dalam bahasa Inggris adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan hubungan antara kata, frasa, atau klausa dalam suatu kalimat. Preposisi sering kali menunjukkan hubungan spasial, temporal, atau logis antara dua atau lebih unsur dalam kalimat.

Contoh preposisi dalam bahasa Inggris meliputi “in”, “on”, “at”, “under”, “over”, “between”, “among”, “before”, “after”, “beside”, dan lain-lain. Misalnya, dalam kalimat “The book is on the table” (Buku itu ada di atas meja), kata “on” adalah preposisi yang menunjukkan posisi buku terhadap meja.

- Iklan -

Fungsi Preposition

Preposisi memiliki beberapa fungsi dalam bahasa Inggris:

1. Menunjukkan posisi atau lokasi : Preposisi digunakan untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu objek dalam ruang atau waktu. Contoh: “The cat is on the table” (Kucing itu ada di atas meja).

Baca Juga:  Apa Itu Habitat, Fungsi, Macam dan Hubungannya Dengan Hewan

2. Menunjukkan hubungan spasial : Preposisi dapat digunakan untuk menunjukkan hubungan spasial antara dua objek. Contoh: “The book is beside the lamp” (Buku itu berada di samping lampu).

- Iklan -

3. Menunjukkan hubungan temporal : Preposisi juga digunakan untuk menunjukkan hubungan temporal antara dua kejadian atau waktu. Contoh: “I will meet you after the party” (Aku akan bertemu denganmu setelah pesta).

4. Menunjukkan tujuan : Preposisi kadang-kadang digunakan untuk menunjukkan tujuan atau arah gerakan. Contoh: “She went to the store” (Dia pergi ke toko).

5. Menunjukkan sumber : Preposisi dapat menunjukkan sumber atau asal suatu objek atau kejadian. Contoh: “The letter is from John” (Surat itu berasal dari John).

- Iklan -

6. Menunjukkan kepemilikan : Beberapa preposisi dapat digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau hubungan antara dua objek. Contoh: “The keys to the car” (Kunci mobil).

7. Menunjukkan cara atau kondisi : Preposisi tertentu dapat digunakan untuk menunjukkan cara atau kondisi. Contoh: “He is in good health” (Dia dalam keadaan sehat).

Baca Juga:  Jenis-Jenis Limbah yang Ada di Sekitar Kita

Preposisi sering digunakan dalam berbagai konteks dalam bahasa Inggris dan penting untuk memahami bagaimana mereka digunakan untuk memahami makna kalimat dengan benar.

Contoh Kalimat Preposition

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan preposisi dalam bahasa Inggris:

1. She is sitting on the chair.
2. The cat is hiding under the bed.
3. I have a meeting at 9 o’clock.
4. He lives in a small town.
5. They are playing soccer on the field.
6. The book is between the two bookshelves.
7. The restaurant is across from the movie theater.
8. We will go hiking in the mountains next weekend.
9. The keys are on the table.
10. The dog ran towards the park.

Setiap kalimat tersebut menggunakan preposisi untuk menyatakan posisi, hubungan, waktu, atau arah dalam kalimat tersebut.

 

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Preposition, Fungsi Preposition, dan Contoh kalimat yang mengandung Preposition.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU