Resep Puding Casablanca, Kombinasi yang Cantik

Kue Puding Casablanca, kombinasinya yang cantik. Warna kuning telur dengan cokelat, serasi banget. Meskipun hanya puding tetapi bila kombinasi warnanya serasi tetap menggiurkan untuk dinikmati.

Mengapa dengan resep ini, @yunitaa menempatkan warna kuning telur di atas, bukan warna cokelat? Padahal bila cokelatnya juga yang di atas, tetap serasi. Apakah demikian warna Casablanca?

Idealnya memang untuk penempatan kombinasi warna, sebaiknya yang warna lembut atau warna lemah yang di atas dan warna keras yang di bawah. Agar menarik dipandang. Berikut resepnya.

- Iklan -

Bahan Puding Casablanca:

-7 butir telur

-3 bungkus agar-agar swallow bening

-100 gram margarine dilelehkan

- Iklan -

-200 gram tepung terigu

-100 ml susu kental manis

-350 gr gula pasir

- Iklan -

-1000 ml air

-2 bungkus cokelat bubuk atau 2 sendok makan cokelat bubuk yang diberi sedikit air

Baca Juga:  Resep Ayam Goreng Lengkuas ala Chef Renatta Moeloek

-1/2 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Puding Casablanca:

  1. Masak agar-agar dengan air dan setengah takaran dari bahan gula pasir, aduk hingga mendidih. Setelah itu, angkat lalu dinginkan, sisihkan.
  2. Kocok setengah dari bahan gula pasir dan telur hingga mengembang. Kemudian masukkan susu sambil dimixer dengan kecepatan rendah. Lalu tambahkan juga tepung terigu, dan vanili bubuk. Kocok hingga tercampur rata. Lalu masukkan margarine cair, aduk kembali hingga tercampur rata, sisihkan.
  3. Lalu tuang agar-agar ke dalam adonan telur tadi sambil diaduk hingga tercampur rata. Lakukan secara pelan.
  4. Bagi dua adonan, satu bagian dicampur cokelat bubuk (yang sudah diencerkan dengan sedikit air)
  5. Siapkan loyang ukuran 22 x 22 cm yang sudah diolesi dengan margarine. Tuang adonan secara bertahap. Pertama, tuang adonan dasar, lalu diamkan sebentar hingga adonan bisa dituangkan dengan adonan cokelat. Begitu pula selanjutnya dan tutup dengan adonan dasar, hingga berbentuk seperti lapis surabaya.
  6. Panggang dengan suhu 185 derajat celsius, selama kurang lebih 35 menit atau tergantung oven masing-masing.
  7. Setelah matang, angkat puding. Hilangkan uap panasnya. Simpan di lemari pendingin setelah set, keluarkan lalu potong-potong. Kue Puding Casablanca siap dinikmati.
Baca Juga:  Resep Ayam Bakar Taliwang, 1 Ekor Utuh

Catatan:

Usahakan agar-agar yang dididihkan, didinginkan hingga hilang uap panasnya dan tidak juga beku. Kalau agar-agar sewaktu masih panas dimasukkan ke dalam adonan telur, maka akan membuat puding berlapis tidak menyatu. Selamat menikmati. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU