Samsung Pamerkan Kamera Berteknologi Tinggi 200 Megapixels

FAJAR Pendidikan

Sensor Samsung ISOCELL HP1 dengan resolusi 200 MP akan menggunakan teknologi pixel binning ChameleonCell yang bisa menyatukan empat atau 16 pixel menjadi satu pixel berukuran besar. Konfigurasi ini bisa menghasilkan foto 12,5 MP dengan 2,56μm, 50 MP (1,28μm) atau 200 MP (0,64μm).

Setelah lama tidak ada kabar, Samsung baru saja memamerkan kecanggihan sensor kamera tersebut untuk pertama kalinya.
Dalam video demonstrasinya, Samsung ingin menunjukkan bagaimana sensor ISOCELL 200 MP bisa menangkap foto dengan detail dan definisi yang fantastis. Samsung menjelaskan bahwa sensor tersebut masih dalam tahap pengembangan.

BACA JUGA :   Jupiter Miliki Aurora Paling Terang dari Semua Planet Tata Surya

Samsung juga memilih kucing sebagai subjek fotonya, sebuah tantangan karena kucing-kucing itu tidak bisa diam. Foto yang sudah diambil lalu dicetak dan ukurannya mencapai 28 meter x 22 meter atau setara dengan 1,5 kali ukuran lapangan basket,
“Saya selalu membayangkan seberapa besar Anda bisa mencetak gambar 200 MP,” kata engineer dari tim System LSI Business Samsung Lee Minhyuk, seperti dikutip dari Android Authority, Kamis (26/5/2022).

Karena masih dalam tahap pengembangan, sensor kamera tersebut belum dipasangkan di ponsel. Sebagai gantinya, Samsung membuat rig khusus yang terdiri dari layar eksternal dan test board untuk menanam sensor kamera 200 MP.

BACA JUGA :   Spesifikasi Xiaomi 12 Ultra, Terbaru Menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1

Proses pengambilan gambarnya pun sedikit rumit. Pertama fotografer harus mengecek layar eksternal dan mengatur komposisi fotonya. Setelah itu, teknisi mengubah pengaturan sensor untuk mengoptimalkan paparan cahaya dan fokus.

“Setelah mengamati gerakan kucing, kru film kemudian menggunakan beberapa metode berbeda untuk mengambil serangkaian foto,” kata Samsung.

Tim Samsung kemudian mencetak foto seluas 616 meter persegi itu di atas 12 potong kain sepanjang 2,3 meter untuk kemudian dijahit menjadi satu. Hasilnya bisa kalian lihat di video di bawah ini.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI