Sunday, October 25, 2020

Selain Bebaskan UKT Mahasiswa Kurang Mampu, Unhas Tawarkan Penurunan UKT Secara Permanen

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Selain memberikan pembebasan dan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada Semester Awal Tahun Ajaran 2020/2021, Universitas Hasanuddin juga memberi alternatif penyesuaian kelompok tarif UKT bagi mahasiswa program sarjana yang mengalami kesulitan ekonomi.

Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Rektor Nomor 3329/UN4.1/KEP/2020 tertanggal 2 Juli 2020, yang merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Rektor Nomor 3260/UN4.1/KEP/2020 tertanggal 24 Juni 2020.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur Unhas, Prof Dr Ir Sumbangan Baja, M Phil. menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil untuk merespon situasi ketidakmampuan ekonomi yang menimpa orang tua/wali atau pihak lain yang membiayai mahasiswa, dimana situasi tersebut berpotensi permanen atau jangka panjang.

“Kita memantau bahwa akibat dari pandemi Covid-19 ini ada orang tua mahasiswa atau pihak yang membiayai kuliahnya mengalami penurunan kemampuan ekonomi secara permanen. Ini harus kita berikan bantuan. Maka, langkah yang kami tempuh adalah dengan menyesuaikan atau menurunkan tingkat UKT yang dia bayar selama ini,” kata Prof Sumbangan.

Universitas Hasanuddin akan membentuk tim verifikasi yang akan menilai kelayakan pemberian penyesuaian UKT, untuk selanjutnya ditetapkan dengan Keputusan Rektor.

Untuk memperoleh penyesuaian tarif UKT ini, persyaratan umum yang harus dilengkapi oleh mahasiswa adalah mengajukan surat permohonan (bermaterai) yang diketahui oleh orang tua/wali atau pihak lain yang membiayai, slip gaji atau surat keterangan penghasilan dari Lurah/Kepala Desa, dan Kartu Keluarga terbaru.

Kebijakan penyesuaian tarif UKT ini diberikan kepada mahasiswa program sarjana, yang orang tua/wali atau pihak lain yang membiayai kuliahnya mengalami kesulitan ekonomi jangka panjang akibat enam kategori.

Persyarat khusus untuk setiap kategori adalah:

  1. Meninggal dunia, mahasiswa melampirkan akte kematian dari pejabat berwenang;
  2. Sakit permanen yang menyebabkan tidak dapat lagi bekerja, mahasiswa melampirkan surat keterangan sakit permanen dari Rumah Sakit;
  3. Mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), mahasiswa melampirkan surat penetapan PHK;
  4. Pensiun, mahasiswa wajib melampirkan Surat Keputusan Pensiun;
  5. Perusahaannya bangkrut/pailit, mahasiswa wajib melampirkan Surat Keputusan Bangkrut/Pailit dari pejabat berwenang;
  6. Bencana alam, mahasiswa wajib melampirkan Surat Keterangan Bencana dari pemerintah setempat, Surat Keterangan yang menyatakan kerugian akibat bencana dari pemerintah setempat, dan data pendukung lainnya (jika ada).

Sebagaimana halnya prosedur untuk pembebasan dan keringanan UKT semester awal Tahun Akademik 2020/2021, pengusulan untuk hal ini juga dilakukan melalui portal http://regmhs.unhas.ac.id.

Perlu diperhatikan bahwa mahasiswa hanya dapat memilih salah satu skema saja, apakah keringanan UKT Semester Awal Tahun Akademik 2020/2021 (berlaku hanya satu semester), ataukah penyesuaian tarif UKT (berlaku untuk seterusnya hingga selesai studi).(*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Keren, SD Islam Athirah Gelar Kelas Inspirasi, Hadirkan Pemateri Cilik Asal Balikpapan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - SD Islam Athirah 2 Makassar Menggelar Kelas Inspirasi, Jumat 23/10/2020). Kelas ini dihadiri sekitar 108 peserta terdiri dari kelas 1...

Pembangunan Empat Workshop Kementerian Ketenagakerjaan di Barru, Buah Kerja drg.Hj.Hasnah Syam Mars

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Anggota DPR RI drg Hj. Hasnah Syam MARS yang akrab disapa 'Bu Dokter' merupakan Tokoh Andalan Rakyat Barru di...

LP2M UNM Makassar Gelar Seminar Hasil Penelitian Secara Virtual

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan seminar nasional hasil penelitian. Seminar LP2M UNM...

Gandeng Dewan Pers, RSPP, dan Pertamina Berikan Tes Swab PCR Gratis 105 Insan Media

Jakarta, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Dengan menggandeng Dewan Pers, Pertamina memberikan pelayanan tes usap polymerase chain reaction (PCR) gratis kepada 105 insan media. Pelaksanaan tes...

Pramuka Saka Bahari Makassar Sambut Danlantamal VI Dengan Tiupan Pluit Khas TNI AL

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Anak – anak Pramuka Saka Bahari Makassar sambut kedatangan Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI ) Laksamana...

REKOMENDASI