Sinjai, Kabupaten Terbaik dalam Hal Pengelolaan Sekolah PAUD

FAJAR Pendidikan

Populer

Salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai menuju Indonesia Emas 2045 di bidang pendidikan adalah peningkatan kualitas dan pengelolaan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal tersebut menjadi fokus dan prioritas Pemkab Sinjai guna melahirkan generasi muda yang unggul dan berdaya saing.

Terbukti, di Kabupaten Sinjai saat ini memiliki sekolah PAUD yang berstatus negeri sebanyak 43 sekolah. Upaya ini mendapat apresiasi dari mantan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) yang juga anggota Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah Dasar dan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Arismunandar.

- Advertisement -

Menurut Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulsel ini, Kabupaten Sinjai merupakan kabupaten terbaik dalam hal pengelolaan sekolah Taman Kanak-kanak (TK). “Dalam berbagai forum saya selalu sampaikan bahwa salah satu kabupaten terbaik di Sulsel yang peduli dengan TK adalah Sinjai. Di Sinjai ini banyak sekolah TK berstatus negeri. Bahkan diantara di seluruh daerah di Indonesia paling banyak TK negeri itu, di sini. Makassar saja, TK negeri itu hanya satu sekolah,” ucapnya saat menghadiri lomba menggambar murid TK yang digagas oleh IGTKI Sinjai di Tribun Lapangan Sinjai Bersatu, Kamis (29/9).

BACA JUGA :   Cegah Stunting, Pemkab Sinjai Evaluasi Tenaga Pendamping Gizi Desa

Arismunandar yang juga selaku Tenaga Ahli Bidang Pendidikan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel dan Guru Besar UNM ini terus mendorong Pemkab Sinjai untuk berinovasi dalam mengembangkan sekolah PAUD di Sinjai.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, A Jefrianto Asapa mengatakan bahwa keberadaan PAUD sangat penting bagi anak-anak usia dini. Sebab selain menyelenggarakan pendidikan yang menitikberatkan ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, juga menciptakan daya pikir yang cerdas bagi mereka.

BACA JUGA :   Bapemperda DPRD Sulsel Konsultasi ke Kemendagri RI Terkait Penyusunan Rancangan Propemperda Tahun 2023

“PAUD ini akan menjadi sarana dalam proses edukasi dan pembentukan karakter pribadi yang di masa depan akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Sinjai,” pungkas dia.

Ia pun berharap kepada Arismunandar untuk memberikan saran, masukan dan dukungan demi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Sinjai. (*)

- Advertisement -

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI UNTUK ANDA

- Advertisement -

Terkini