- Advertisement -

Stadion Al Thumama: Profil, Desain dan Jadwal Pertandingan

Memiliki desain unik seperti gahfiya, topi tenun tradisional Timur Tengah, Stadion Al Thumama memiliki kapasitas hingga 40 ribu penonton.

Artikel ini membahas Stadion Al Thumama berupa profil, desain dan jadwal pertandingan yang akan dipertandingkan disini. Al Thumama dibangun sejak 2017 dan diresmikan pada 22 Oktober 2021. Penamaan stadion, Al Thumama, diambil dari pohon Al Thumama yang  banyak tumbuh di Qatar.

Jabar Engineering dari Qatar dan Tekfen Construction dari Turki  jadi enginer dalam pembangunan stadion. Stadion yang didesain Ibrahim Jaidah ini sekilas terlihat punya motif seperti peci tradisional bernama gahfiya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Desainnya terinspirasi oleh gahfiya Qatar putih. Arsitek menggunakan pola dan garis gahfiya sebagai referensi dan memasukkannya ke dalam desain stadi0n,” tutur Khalifa Al Mana, Manajer Stadion Al Thumama.

“Saya ingat malam itu, saya mendapatkan semua jenis gahfiya untuk mempelajari pola yang berbeda pada masing-masing. Saya ingin memastikan desain saya modern tetapi pada saat yang sama tidak ingin melepaskannya dari identitas tradisional. Melestarikan identitas dan warisan lokal adalah sangat penting bagi saya,” kata Jaidah.

Saat dilihat dari jauh, Stadion Al Thumama memang sangat mirip dengan peci.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Teknologi dan Fasilitas

Al Thumama mengusung teknologi pendinginan terkenal miliki Qatar. Mini stadion dibangun dan didinginkan melalui tenaga matahari, yang meyakinkan bahwa kondisi di Qatar optimal untuk sepak bola.

Teknologi ini mambuat stadion bisa digunakan sepanjang tahun bahkan di musim panas. Al Thumama juga punya banyak fasilitas yang dapat digunakan untuk berbagai macam olahraga, ada trek untuk berlari, untuk sepeda di sekitar stadi0n.

Selain itu bola tangan, bola voli, dan bola basket akan menghiasi kompleks yang akan memastikan bahwa arena tersebut menjadi tujuan olahraga utama di Qatar.

Sementara untuk fans akan dimanjakan dengan lokasi stadion yang tidak sulit dijangkau, banyak moda transportasi menuju ke sana, dan tempat untuk fans berkumpul di dalam dan juga luar lapangan.

Jadwal Pertandingan di Stadion

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Stadion ini dipersiapkan untuk menggelar pertandingan penyisihan grup sampai babak 16 besar Qatar 2022.

Tanggal Kick-Off (WIB) Pertandingan Grup
21/11/2022 23.00 Senegal vs Belanda Grup A
23/11/2022 23.00 Spanyol vs Kosta Rika Grup E
25/11/2022 20.00 Qatar vs Senegal Grup A
27/11/2022 20.00 Belgia vs Maroko Grup F
30/11/2022 02.00 Iran vs Amerika Serikat Grup B
1/12/2022 22.00 Kanada vs Maroko Grup F
5/12/2022 02.00 Juara Grup D vs Grup C Runner-up
11/12/2022 02.00 Perempat final

 

Proses Pembangunan Stadion Al Thumama

Berikut desain Stadion Al Thumama.

Demikian artikel yang membahas Stadion Al Thumama berupa profil, desain dan jadwal pertandingan yang akan dipertandingkan.

Bagikan

BACA JUGA:

Skuad Australia di Piala Dunia 2022 : Profil, Jadwal & Pelatih

Artikel ini berisi daftar Skuad Australia di Piala Dunia 2022, profil pelatih, jadwal timnas Australia di Piala Dunia 2022. Piala Dunia 2022 akan digelar dalam...

Skuad Timnas Prancis di Piala Dunia Qatar, Daftar Pemain, Asal Klub dan Posisi

Artikel ini berisi Skuad Timnas Prancis di Piala Dunia Qatar, Daftar Pemain, Asal Klub dan Posisi. Prancis memiliki misi khusus pada ajang Piala Dunia 2022...

Skuad Qatar Piala Dunia 2022: Profil, Jadwal & Pelatih

Artikel ini berisi daftar Skuad Senegal di Piala Dunia 2022, profil pelatih, jadwal timnas Qatar di Piala Dunia 2022. Sebagai tuan rumah, Timnas Qatar langsung...

Argentina vs Kroasia, Messi dan Modric Bertarung untuk Final Terakhir

Dua peraih Ballon d'Or nomor 10 yang ikonik. Dua finalis Piala Dunia yang kalah. Dua kapten. Satu kesempatan terakhir untuk mencapai puncak sepak bola...

Stadion Al Janoub: Profil, Desain dan Jadwal Pertandingan

Al Janoub Stadium terletak di selatan kota Al Wakrah. Ini merupakan salah satu daerah tertua Qatar yang masih berpenghuni. Ingin tahun lebih banyak soal...

POPULER