Saturday, August 15, 2020

Tiga Peserta UTBK Berkebutuhan Khusus Ikut Ujian di UNM Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Tiga peserta Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) dengan berkebutuhan khusus mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 pada hati ketiga di Universitas Negeri Makassar. Ketiga peserta ini merupakan berkebutuhan khusus tuna netra.

Rektor UNM Makassar Prof Husain Syam mengatakan dalam pelaksanaan ujian ini dijadwalkan sebanyak empat peserta berkebutuhan khusus yang akan ujian, namun hanya tiga orang yang datang untuk mengikuti ujian tepat waktu.

“Untuk peserta yang tidak hadir pada hari ini sejauh ini belum ada informasi untuk mengikuti ujian dilain hari. Untuk peserta berkebutuhan khusus ini jumlah dan bobot soal sama dengan peserta yang normal,” kata Husain Syam,” Selasa, 7 Juli 2020.

Guru besar bidang pertanian ini menambahkan bahwa dalam pelaksanaan ujan bagi yang berkebutuhan khusus ini akan didampingi oleh satu orang pendamping untuk satu peserta ujian. Meski soal sama, namun perangkat lunak yang digunakan dibuat khusus untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

“Perangkat lunak yang digunakan untuk ujian ini memang secara khusus dirancang untuk peserta berkebutuhan khusus. Jadi pelaksanaan ujiannya tidak akan terganggu,” jelasnya.

Untuk pendampingan ujian peserta berkebutuhan khusus ini langsung dari jurusan Pendidikan Luar Biasa yang ada di UNM Makassar.

Diketahui untuk pelaksanaan UTBK tahun 2020 ini, jumlah peserta yang akan melakukan ujian di UNM Makassar sebanyak 13.468 orang.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Semarakkan Hari Kemerdekaan, Lantamal VI Tayangkan Ucapan HUT Ke-75 RI Tahun 2020 Di TV Tron

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka HUT Ke-75 kemerdekaan RI Tahun 2020 pada 17 Agustus 2020 nanti, Lantamal VI menyemarakkan Kegiatan Tahunan ini...

SMP Islam Athirah 1 Makassar Uji Kreativitas Peserta Didik Melalui Lomba

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kegiatan Muharram dan Semarak Kemerdekaan di SMP Islam Athirah 1 Makassar diadakan secara virtual. Dua kegiatan itu untuk pertama kalinya...

Memperingati Hari Pramuka, Murid SDN Borong Kerja Bakti di Rumah

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - "Perkenalkan, nama saya Nur Aliah Suci Ramadhani dari kelas 4B, SD Negeri Borong. Saya akan melakukan kegiatan menyapu, menyiram...

Sambut HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Lantamal VI Gelar Zikir Bersama

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka menyambut peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) menggelar acara...

OPINI : Sekolah Tatap Muka Antara Harapan dan Minimnya Persiapan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pandemi Covid-19 saat ini masih belum usai, selama hampir 4 bulan lebih Indonesia Lockdown yang berarti segala aktivitas seperti sekolah,...

REKOMENDASI